Jasa Pembuatan Akta Perusahaan

Jasa pembuatan akta perusahaan sudah banyak tersebar hampir di seluruh Indonesia. Anda hanya perlu cermat dalam memilih jasa pembuatan akta perusahaan tersebut. Seperti yang sudah Anda ketahui jika Indonesia adalah negara hukum yang pasti ada banyak peraturan untuk setiap aspeknya serta bersifat mengikat. Pendirian Perseroan Terbatas pun harus mempunyai akta pendirian perusahaan yang mana sebagai bukti sah dari perusahaan tersebut.

Namun sebelum Anda ke tempat jasa pembuatan akta perusahaan, ketahuilah terlebih dahulu syarat dari pembuatan akta pendirian perusahaan. Untuk semua syarat yang diperlukan sangatlah mudah untuk disiapkan.

Syarat Pembuatan Akta Perusahaan Menurut Jasa Pembuatan Akta Perusahaan

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk

Para pendiri atau pengurus perusahaan nantinya, wajib menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk. Untuk jumlah fotokopi KTP adalah dua lembar serta minimal 2 KTP pendiri perusahaan. Syarat ini juga berlaku untuk pelaku usaha yang akan mendirikan bentuk perusahaan perseorangan.

Fotokopi Kartu Keluarga Direktur Perusahaan

Ketika direktur utama perusahaan atau penanggung jawabnya adalah perempuan, maka wajib untuk menyertakan fotokopi Kartu Keluarga untuk direktur.

Menyertakan Pas Foto

Syarat menurut jasa pembuatan akta perusahaan selanjutnya adalah menyiapkan pas foto untuk direktur atau penanggung jawab. Adapun pas foto sebanyak dua lembar serta berwarna dan dengan ukuran standar yaitu 3×4 meskipun ada juga beberapa daerah yang meminta pas foto harus berukuran 4×6.

Read More :  Jasa pengurusan API di Jakarta

Salinan PBB Domisili Perusahaan

Salinan PBB domisili harus disiapkan, dan untuk salinan PBB juga harus sesuai dengan alamat di mana perusahaan itu berdiri atau berdomisili.

Menyertakan Bukti Domisili

Syarat selanjutnya yang disampaikan oleh tempat jasa pembuatan akta perusahaan adalah memberikan bukti domisili. Dalam hal ini menekankan untuk memberikan bukti kepemilikan tempat usaha atau kantor perusahaan yang mana apabila tempat tersebut menyewa maka harus disertakan surat perjanjian sewa bangunan yang dipakai sebagai tempat usaha atau kantor perusahaan tersebut.

Surat Keterangan Domisili

Jasa pembuatan akta perusahaan menjelaskan jika ada dua surat keterangan domisili, yaitu apabila kantor perusahaan menggunakan gedung perkantoran, maka diperlukan surat keterangan dari pengelola gedung. Akan tetapi apabila kantor perusahaan berada di tempat usaha, maka diperlukan surat keterangan dari RT dan RW di mana tempat kantor tersebut berada.

Foto dari Perusahaan Tersebut

Dalam membuat akta perusahaan maka diperlukan juga foto dari kantor perusahaan. Untuk pengambilan foto bukan hanya di bagian luarnya saja, tetapi juga pada sisi dalamnya. Perlu juga disiapkan foto-foto yang nantinya menggambarkan ruang kerja beserta karyawan yang sedang bekerja di dalam ruang kantor tersebut.

Apabila syarat di atas dapat dipenuhi dengan cepat dan benar, maka untuk memperoleh akta pendirian perusahaan juga akan lebih cepat. Persiapkan juga perusahaan akan diadakan survey yang mana akan dicek mengenai keaslian persyaratan di atas.

Read More :  Jasa Pengurusan Dokumen

Prosedur dalam Mendapatkan Akta Perusahaan

Memahami Dasar Hukum Pendirian Perusahaan

Untuk mempersiapkan semua persyaratan, maka harus mengetahui bagaimana dasar hukum perusahaan. Seperti untuk pendirian sebuah Perseroan Terbatas maka harus diketahui syarat-syarat yang minimal untuk berdiri sebuah PT adalah dua orang dan masing-masing harus mempunyai saham.

Mempersiapkan Dokumen Persyaratan

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan seperti keterangan identitas dari pendiri yaitu fotokopi KTP, KK direktur, serta pas foto berukuran 3×4 berwarna.

Membuat Akta Notaris Pendirian Perseroan Terbatas

Setelah syarat di atas terpenuhi maka syarat tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan akta notaris pendirian perusahaan. Kemudian nanti notaris akan membuatkan akta yang akan dihadiri oleh pendiri perusahaan.

Melanjutkan Pengurusan Dokumen Lainnya

Ketika akta perusahaan sudah dimiliki, maka akan berlanjut ke dokumen lainnya. Harus diketahui jika legalitas sebuah perusahaan itu tidak hanya pada akta saja tetapi banyak dokumen lain yang harus diurus sehingga akhirnya mendapatkan pengumuman dari Berita Negara Republik Indonesia apabila perusahaan sudah sah berdiri.

Tujuan dari Dibuatnya Akta Pendirian Perusahaan

Tujuan dibuatnya akta pendirian perusahaan adalah untuk memberi kejelasan status kepemilikan perusahaan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti perselisihan saat saham akan dijual kembali oleh mitra Anda atau kepada orang lain serta proses penilaian pembelian saham. Dan dibuatnya akta notaris adalah untuk menghindarkan terjadi perselisihan mengenai pembagian keuntungan dan proporsi kerugian di kemudian hari.

Read More :  Persetujuan Perhitungan Nilai TKDN Industri Farmasi

Itulah tujuan dari pembuatan akta, apabila Anda menginginkan akta pembuatan pendirian perusahaan hubungi kami untuk mendapatkan proses pembuatan akta yang cepat dan harga yang terjangkau.

Scroll to Top