Jasa Pengurusan API Dan NIK; Hal Yang Perlu Diperhatikan

Jakarta, IzinMudah.Com – Alat Pengenal Impor (API) dan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) merupakan dokumen penting dan sangat dibutuhkan oleh pengusaha yang bergerak dalam bidang impor maupun ekspor. Kedua dokumen ini merupakan bukti dari legalitas perusahaan dan merupakan dokumen yang digunakan sebagai tanda pengenal perusahaan.

Adanya jasa pengurusan API dan NIK tentu membantu pihak yang membutuhkannya. Layanan jasa ini membuat pengusaha menjadi tidak perlu repot untuk mengurus dokumen yang sangat dibutuhkan.

Mengenal API dan NIK

API merupakan dokumen yang berguna sebagai tanda pengenal untuk importir dalam melakukan tugasnya untuk menjalankan kegiatan importasi barang. Penggunaan dokumen ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengatur tata tertib impor dalam kebijakan perdagangan luar negeri yang bersifat impor. Kebijakan ini dilakukan sebagai upaya dalam memperkecil adanya transaksi impor dan ekspor barang dengan penyelundupan.

Dalam hal ini API sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu API-P dan API-U. API-P merupakan dokumen yang diberikan kepada perusahaan yang bergerak di impor barang, seperti misalnya bahan baku dan lain sebagainya. Biasanya barang yang dibutuhkan merupakan suatu barang yang digunakan untuk mendukung proses produksi suatu perusahaan.

Sedangkan API-U merupakan dokumen yang diperoleh perusahaan yang melakukan impor barang dari luar negeri. Untuk API-U, barang impor yang diterima tidak mengalami proses pengolahan kembali dan merupakan produk jadi yang langsung jual.

Read More :  Berapa Biaya Pembuatan PT Baru 2019?

Sedangkan NIK merupakan dokumen yang digunakan untuk mengakses sistem kepabeanan baik secara manual ataupun dengan menggunakan teknologi terbaru. Pada dasarnya NIK sifatnya dapat berupa perseorangan ataupun instansi. Sehingga dengan adanya NIK merupakan kemudahan bagi para pelaku bisnis dalam mengakses system kepabeanan dan sebagainya.

Baik API ataupun NIK merupakan data penting yang harus dimiliki oleh perusahaan yang memerlukan barang impor ataupun sebagai pemasok barang ekspor di negara tertentu. Kedua hal ini dapat diperoleh secara mudah dan praktis oleh pengusaha dengan menggunakan layanan penyedia jasa pengurusan API dan NIK. Pada dasarnya baik API maupun NIK merupakan dokumen yang berkaitan dengan kebijakan perekonomian yang terdapat dalam negara.

Cara Memilih Jasa Pembuatan Terpercaya

Pengusaha dapat menggunakan beberapa metode untuk mendapatkan layanan jasa yang sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh dirinya sendiri. Selain itu, pemilihan layanan jasa pembuatan API dan NIK juga terkait dengan penelusuran yang dilakukan oleh pihak pengusaha itu sendiri.

Penelusuran dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan sudut pandang mengenai biro jasa yang akan digunakan. Sebab dalam hal ini, beberapa penyedia jasa terkadang mempunyai rekam jejak yang susah untuk dilacak. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan penelusuran kepada klien yang pernah kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa ini.

Untuk memilih perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan dokumen yang sangat diperlukan dalam urusan impor dan ekspor ini juga harus teliti dan selektif. Hal tersebut karena dalam berbagai macam layanan penyedia jasa ini terdapat beberapa perusahaan yang memanfaatkannya dengan memberikan dokumen palsu yang tentunya akan sangat merugikan klien yang dalam hal ini merupakan pemilik perusahaan yang bergerak di impor ekspor sendiri.

Read More :  Jasa Pembuatan API dan NIK

Dengan demikian, salah satu cara yang efektif untuk mengetahui jasa pembuatan API dan NIK terpercaya atau tidak, lihatlah rekam jejak perusahaan tersebut. Selain itu, pengusaha juga perlu memastikan alamat kantor yang ada sebagai salah satu pembuktian mengenai legalitas yang sah dan terpercaya dari pemerintahan. Jika terdapat masalah di kemudian hari, semua bisa dipertanggungjawabkan pihak jasa.

Scroll to Top