Jenis Usaha Ini Wajib Memiliki Izin Usaha Niaga Umum Bahan Bakar Minyak

Ada banyak jenis usaha yang wajib memiliki izin usaha niaga umum bahan bakar minyak. Karena itu, pelaku usaha di bidang niaga BBM harus memahaminya. Jangan sampai melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Apa saja jenis-jenis usaha yang dimaksud?

Jenis Usaha yang Wajib Memiliki Izin Usaha Niaga BBM

Memahami seluk beluk usaha yang dijalankan adalah kewajiban bagi pelaku usaha. Jangan sampai lalai pada ketentuan perizinan, apalagi menyalahgunakan izin usaha yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis usaha yang wajib mengantongi izin niaga umum BBM. Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Nomor 5 tahun 2021.

  1. Penjualan BBM melalui SPBU. SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum adalah tempat untuk melayani penjualan bahan bakar minyak kepada konsumen secara langsung. Berbagai jenis BBM bisa dijual di SPBU, seperti solar, bensin dan LPG. Izin niaga umum BBM yang diterbitkan oleh ESDM wajib dimiliki oleh pelaku usaha SPBU.
  2. Penjualan BBM melalui SPBN atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan. SPBN merupakan tempat untuk melayani penjualan BBM langsung kepada para nelayan. Biasanya yang dijual adalah bahan bakar minyak jenis solar sebagai penggerak mesin kapal. SPBN diwajibkan untuk mengantongi izin niaga umum BBM dari Kementerian ESDM.
  3. Penjualan BBM melalui DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara). Tempat ini melayani penjualan avtur untuk pesawat udara. Umumnya DPPU lokasinya di bandara. Pelaku usaha di bidang ini wajib memegang izin niaga umum BBM yang diterbitkan oleh Kementerian ESDM.
  4. Penjualan BBM Melalui Penyalur Non SPBU. Pelaku usaha ini merupakan badan usaha yang menjual bahan bakar minyak kepada konsumen melalui beragam cara, seperti aplikasi online, mobil tangki, kios BBM dan SPBU mini. Penyalur bahan bakar minyak ini juga wajib memegang izin niaga BBM dari Kementerian ESDM.
  5. Penjualan BBM Melalui Industri Pengolahan Migas (Minyak dan Gas). Industri migas merupakan badan usaha yang mengolah minyak mentah menjadi beragam produk, seperti petrokimia, LPG dan BBM. Industri migas yang menjual bahan bakar minyak kepada konsumen harus memiliki izin niaga BBM yang diberikan oleh Kementerian ESDM.
  6. Penjualan BBM Melalui BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Pertamina adalah BUMN yang ditugaskan untuk menjual bahan bakar minyak. Karena itu, perusahaan negara ini juga wajib memiliki izin niaga BBM yang diterbitkan oleh Kementerian ESDM.
Read More :  Biaya Pembuatan Akta Pendirian PT dan Apa yang Tercantum Dalam Akta

Lalu, persyaratan apa saja yang harus dipenuhi, agar bisa mendapatkan izin usaha niaga umum bahan bakar minyak? Secara umum, pelaku usaha harus memiliki badan usaha yang berbentuk PT (Perseroan Terbatas) atau koperasi.

Baca Juga :

Permodalan yang memadai juga harus diperhatikan. Karena ini merupakan bisnis berskala besar, sehingga modal yang dibutuhkan tentunya besar. Selain itu juga harus ditunjang dengan sarana dan fasilitas penyimpanan BBM yang memadai. Sehingga menjamin penampungan dengan kapasitas besar, dan tidak melupakan aspek keselamatan dan keamanan.

Badan usaha juga harus memiliki sumber daya manusia atau tenaga kerja yang berkompeten di  bidang tersebut. Dengan begitu, bisa menjalankan operasional perusahaan dengan baik, dan tentunya mendatangkan keuntungan finansial  yang diharapkan.

Penting untuk dimiliki tentunya adalah perizinan usaha yang sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia. Jangan pernah berpikir untuk melakukan pelanggaran atau melakukan penyalahgunaan izin yang telah diberikan. Karena sanksi tegas akan diberlakukan oleh pemerintah. Bisa berupa teguran tertulis, denda administratif hingga pencabutan izin usaha.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan izin niaga umum BBM? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Beberapa diantaranya adalah jenis badan usaha, skala usaha dan lokasi usaha.

Pahami Proses Pengajuan Izin Niaga BBM

Kementerian ESDM menjanjikan proses pengajuan izin niaga BBM sekitar 30 hari kerja. Jadi bagi para pemohon harap bersabar untuk menunggu hasil permohonannya. Langkah awal adalah dengan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan sebagai persyaratannya.

Read More :  Akta Pendirian Perusahaan

Kalau sudah yakin tidak ada dokumen yang tertinggal, maka sudah bisa mengajukan permohonan ke Kementerian ESDM. Petugas terkait akan melakukan verifikasi dan validasi seluruh berkas yang diberikan badan usaha. Nah, kalau permohonannya disetujui, maka Kementerian ESDM akan menerbitkan izin niaga bahan bakar minyak.

Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Perizinan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebenarnya hal itu tergantung dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada dasarnya, keberadaan konsultan perizinan akan mempermudah pelaku usaha saat mengajukan perizinan. Nah, apa saja faktor yang dimaksud?

  • Kompleksitas izin usaha yang diperlukan. Kalau Anda hanya memerlukan izin usaha yang relatif sederhana, seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), maka masih bisa mengurusnya secara mandiri. Akan tetapi kalau izin usahanya sekelas izin niaga BBM, sangat disarankan Anda mendapatkan pendampingan dari konsultan perizinan untuk menyederhanakan prosesnya.
  • Pengetahuan dan pengalaman pelaku usaha. Kalau pelaku usaha memiliki pengetahuan dan pengalaman memadai dalam mengurus perizinan usaha, berarti tidak membutuhkan bantuan dari konsultan. Namun bagi yang masih awam atau tidak memahami seluk beluk perizinan usaha, keberadaan konsultan sangat membantu.
  • Waktu dan sumber daya yang tersedia. Waktu untuk mengurus izin usaha bisa mencapai bulanan, dan membutuhkan banyak sumber daya atau tenaga. Nah, kalau pelaku usaha tidak memiliki waktu dan sumber daya manusia yang memadai, maka konsultan perizinan akan membantu mengatasi hal tersebut. Sehingga pelaku usaha akan lebih hemat waktu dan tenaga.
Read More :  Angel investor Indonesia and Its Role in The Economy

Jadi, bila Anda menggunakan konsultan perizinan akan menikmati berbagai keuntungan. Seperti lebih membantu untuk memahami proses dan persyaratan. Sehingga pelaku usaha akan dipandu dalam pengumpulan persyaratan, dan memahami proses yang akan dilalui hingga mendapatkan legalitas usahanya.

Selain hemat waktu, tenaga dan pikiran, menggunakan jasa konsultan perizinan akan meningkatkan peluang keberhasilan. Hal itu karena koneksinya yang luas, sangat memahami seluk beluk pengurusan perizinan dan jam terbang yang tinggi. Sehingga sudah memahami berbagai kendala dan solusinya.

Kalau Anda tertarik untuk menggunakan jasa konsultan perizinan, pastikan selektif dalam pemilihannya. Carilah yang berkompeten dan berpengalaman. Kemudian pastikan reputasinya baik, tidak pernah bermasalah dengan klien dan berbagai pihak yang terkait dengan pengurusan perizinan.

Jadi, konsultan perizinan usaha bisa membantu pelaku usaha dalam pengurusan izin usaha agar lebih mudah dan efisien. Anda bisa lebih fokus dengan perencanaan usaha, agar nantinya bisa berjalan dengan baik dan meraih kesuksesan.

Anda sedang mencari konsultan perizinan berkompeten, berpengalaman, pelayanan memuaskan, profesional dan menawarkan biaya relevan? Pilihan terbaiknya adalah Izinmudah.com. Para staf handalnya siap melayani konsultasi dari pelaku usaha, hingga mendapatkan perizinan usaha yang diinginkan.

Termasuk bila Anda membutuhkan izin usaha niaga umum bahan bakar minyak. Segera siapkan segala persyaratan yang dibutuhkan, dan biarkan tim handal dari Izinmudah mengerjakan proses selanjutnya. Hingga perizinan usaha Anda diterbitkan oleh Kementerian ESDM.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha

Scroll to Top