Kemudahan dalam Mengurus Surat Izin Usaha Migas

Pemerintah Indonesia selalu berupaya mempermudah pengurusan surat izin usaha migas. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan investasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor minyak dan gas bumi (migas). Apa saja kemudahan yang bisa dinikmati pelaku usaha?

Kemudahan dalam Pengurusan Izin Usaha Migas

Anda berencana untuk menjalankan kegiatan usaha di bidang migas? Sekarang ini persyaratan, regulasi dan prosedurnya semakin sederhana. Sehingga setiap pengusaha bisa mengakses dengan mudah, cepat dan hemat biaya. Nah, apa sajakah kemudahan yang bisa dirasakan pelaku usaha saat mengurus izin usaha migas?

  1. Layanan Satu Pintu

Sistem Online Single Submission atau OSS telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk seluruh jenis perizinan usaha. Salah satunya adalah izin usaha migas. OSS adalah sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Sistem ini sudah terhubung dengan berbagai kementerian atau lembaga, pemerintah daerah dan pengusaha atau pelaku usaha.

Melalui sistem pintar tersebut, pelaku usaha bisa mengajukan permohonan izin usaha migas secara online dengan cara yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengakses portal OSS, dan kemudian cukup mengikuti seluruh langkah yang tertera.

  1. Persyaratan Lebih Sederhana

Penyederhanaan persyaratan dilakukan oleh pemerintah, agar semakin mempermudah dalam permohonan perizinan usaha migas. Selain lebih mudah, juga akan lebih mempercepat proses pengurusan perizinan.

Beberapa persyaratan pengajuan yang disederhanakan adalah pengurangan jumlah dokumen yang wajib dilampirkan, penerapan sistem elektronik dalam verifikasi dokumen, dan integrasi data antar lembaga atau kementerian.

  1. Pemangkasan waktu proses perizinan

Penggunaan portal OSS dan penyederhanaan persyaratan akan membuat waktu proses perizinan usaha migas lebih efisien. Dengan begitu, jangka waktunya bisa dipangkas sehingga semakin cepat daripada cara lama yang dulu diterapkan.

Sebelum mengaplikasikan sistem OSS, proses perizinan usaha migas bisa membutuhkan waktu hingga beberapa bulan. Akan tetapi dengan penerapan sistem yang baru, proses pengajuan izin usaha bisa diselesaikan dalam waktu beberapa hari saja. Tentunya ini kemajuan yang sangat diharapkan pelaku usaha.

  1. Lebih Mudah dalam Mengakses Informasi
Read More :  Biaya Pengurusan SIUJK Murah dan Terpercaya

Pemerintah telah menyiapkan beragam informasi mengenai perizinan usaha migas di laman resmi Kementerian ESDM dan SKK Migas. Beberapa informasi yang tersedia, antara lain biaya perizinan, prosedur perizinan, persyaratan perizinan dan jenis-jenis perizinan.

  1. Tersedia Layanan Konsultasi

Pemerintah menyediakan layanan konsultasi khususnya bagi para pelaku usaha, yang ingin memperoleh informasi dan bantuan mengenai perizinan usaha migas. Anda bisa menghubungi layanan konsultasi melalui website resmi, email dan telepon Kementerian ESDM dan SKK Migas.

Pemangkasan birokrasi yang sebelumnya terkesan panjang dan susah, kini menjadi semakin sederhana dan mudah diakses oleh seluruh pelaku usaha. Sehingga tidak ada kendala lagi dalam mengurus surat izin usaha migas.

Apakah Konsultan Diperlukan dalam Pengurusan Izin Usaha Migas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya harus melihat beberapa faktor. Sehingga bisa ditentukan, apakah Anda membutuhkan konsultan perizinan atau cukup melakukan pengajuan secara mandiri.

  1. Kompleksitas Izin Usaha

Perlu diketahui bahwa perizinan usaha migas terbagi atas beberapa jenis. Sehingga kompleksitasnya berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Pengurusan izin usaha hulu migas (eksplorasi dan produksi) biasanya lebih kompleks, jika dibandingkan dengan izin usaha hilir migas yang berhubungan dengan pengolahan, distribusi atau penyaluran dan penjualan.

Sangat disarankan bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan usaha yang kompleks untuk didampingi konsultan perizinan. Tujuannya adalah agar Anda lebih memahami regulasi yang berlaku, menyiapkan dokumen dan menyelesaikan proses perizinan dengan lebih efektif dan efisien.

  1. Kemampuan dan Pengalaman Pelaku Usaha
Read More :  Ketahui Modal Dasar dan Investasi dalam Syarat Bikin PT PMA

Kalau pelaku usaha sudah menguasai pengetahuan dan bahkan memiliki pengalaman yang cukup dalam pengurusan izin usaha, maka tidak membutuhkan bantuan konsultan perizinan. Akan tetapi, kalau pemilik badan usaha  terbilang masih baru di dalam bisnis migas atau kurang familiar dengan rangkaian proses perizinan, maka kehadiran konsultan sangat dibutuhkan.

  1. Biaya Konsultan

Kompleksitas izin usaha sangat berpengaruh terhadap biaya konsultan perizinan. Karenanya biaya yang ditetapkan bisa bervariasi. Pengalaman konsultan dan cakupan layanan yang diberikan juga mempengaruhi biayanya.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa membandingkan biaya konsultan dengan tidak melupakan manfaat yang akan diperoleh. Jadi tidak semata-mata hanya memilih yang menawarkan harga murah saja. Akan tetapi layanan yang diberikan tidak sesuai harapan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultan dalam Pengurusan Izin Niaga Migas

Jika Anda merasa bekal pengetahuan dan pengalaman terkait pengurusan surat izin usaha migas tidak memadai, langkah yang tepat adalah menggunakan jasa konsultan perizinan. Tentunya ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha, berikut beberapa diantaranya.

  1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Bagi yang minim pengetahuan terkait persyaratan dan prosedur pengajuan perizinan usaha, pasti akan merasa kerepotan. Waktu dan tenaga Anda akan terkuras, padahal belum tentu hasilnya sesuai harapan.

Untuk itulah konsultan perizinan usaha hadir untuk membantu pelaku usaha yang mengalami kesulitan tersebut. Konsultan akan membantu Anda dalam menyelesaikan proses perizinan dengan lebih efektif dan efisien, serta lebih cepat.

Pelaku usaha bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis, tanpa harus terbebani dengan segala proses perizinan yang rumit dan panjang. Dengan begitu, biaya yang Anda keluarkan sangat sepadan dengan apa yang akan didapatkan.

  1. Peluang Keberhasilan Lebih Besar

Mengurus perizinan usaha sendiri belum tentu membuahkan hasil. Apalagi dengan pengetahuan dan pengalaman yang terbatas. Kondisi tersebut justru akan memperburuk hasil seleksi berkas, validasi dan verifikasi yang dilakukan oleh petugas yang berwenang.

Read More :  Biaya Pembuatan CV 2019 yang Perlu Dipersiapkan Oleh Pengusaha

Dengan menggunakan jasa konsultan bisa meningkatkan peluang keberhasilan. Karena konsultan terpercaya memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dalam menangani berbagai macam jenis perizinan usaha. Salah satunya dalam mengurus permohonan surat izin usaha migas.

Konsultan perizinan akan membantu Anda, agar terhindar dari segala kesalahan umum dan meningkatkan keberhasilan permohonan yang diajukan. Nah, agar peluang tersebut semakin besar, maka pastikan hanya menunjuk konsultan profesional, berpengalaman dan terpercaya.

  1. Memastikan Kepatuhan Terhadap Regulasi

Konsultan bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa seluruh dokumen sudah lengkap, dan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan atau berlaku. Cara tersebut sangat membantu Anda, supaya terhindar dari segala risiko sanksi yang diberikan oleh pemerintah.

Ketika Anda ingin mendapatkan pendampingan dari konsultan perizinan, maka pastikan mencari yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan konsultan memiliki pengetahuan yang luas terkait dengan regulasi perizinan usaha migas.

Ada baiknya mencari beberapa jasa konsultan, sebagai bahan perbandingan dan pertimbangan. Perhatikan segala penawaran layanan dan biayanya. Setelah itu, barulah memutuskan manakah konsultan yang layak mengurus perizinan usaha Anda.

Penggunaan konsultan dalam mengurus surat izin usaha migas tidak wajib, namun Anda bisa menikmati banyak keuntungan. Keputusan dalam menggunakan jasa konsultan tergantung pada beberapa faktor, seperti kompleksitas perizinan, kemampuan dan pengalaman pelaku usaha dan biaya konsultannya.

Jika Anda belum menemukan jasa konsultan perizinan yang sesuai, IzinMudah.com bisa menjadi pilihan Anda. Yuk, konsultasikan perizinan yang akan Anda ajukan! Tenaga profesional dan berpengalaman siap membantu Anda.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top