Kendala dan Cara Daftar Izin Niaga Umum

Anda tertarik menjalankan bisnis perdagangan migas? Segera ajukan daftar izin niaga umum, sebagai persyaratan legalnya. Perizinan ini akan melindungi perusahaan Anda dalam menjalankan usaha perdagangan Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Gas (BBG), Liquefied Natural Gas (LNG) atau Compressed Natural Gas (CNG).

Cara Daftar Izin Niaga Umum

Izin Niaga Umum atau biasa disingkat INU merupakan izin usaha yang diberikan kepada badan usaha, agar bisa menjalankan kegiatan perdagangan migas (minyak bumi dan gas bumi) dalam bentuk hasil olahan.

Badan usaha berbentuk PT (Perseroan Terbatas), Yayasan, Koperasi atau badan usaha lain yang memenuhi persyaratan dapat mengajukan permohonan INU. Beberapa langkah berikut bisa Anda ikuti dalam proses pendaftarannya.

  1. Registrasi Akun Melalui Aplikasi Perizinan Migas Online. Anda bisa mendaftarkan akun di situs website Ditjen Migas (Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi) Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral).
  2. Pengisian Formulir Permohonan Izin. Anda bisa mengunduh formulir tersebut melalui situs website Ditjen Migas.
  3. Melampirkan Dokumen Persyaratan. Beberapa dokumen persyaratan yang bisa dilampirkan adalah Akta pendirian perusahaan dan perubahannya (harus mencantumkan bidang usaha perdagangan migas), pengesahan akta pendirian perusahaan dan perubahan dari instansi berwenang, surat keterangan domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan, TDP perusahaan, surat pernyataan kesiapan sumber daya manusia, surat pernyataan keabsahan kepemilikan sarana dan prasarana dan surat keterangan kesiapan dan kelengkapan sarana dan prasarana.
  4. Melakukan pembayaran PNBP. Biaya ini untuk permohonan Izin Niaga Umum adalah 50 juta rupiah.
  5. Menjalankan Proses Evaluasi. Petugas Ditjen Migas akan menerapkan evaluasi terhadap permohonan perizinan badan usaha Anda.
  6. Menerima Keputusan Perizinan. Kalau permohonan perizinan disetujui, maka Anda akan menerima keputusan izin dari Ditjen Migas.
Read More :  Apa yang Harus Dilihat Pertama Kali Ketika Memilih Biro Jasa Perijinan Jakarta

Estimasi proses daftar izin niaga umum biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hari kerja. Jika permohonan perizinan tersebut disetujui, maka Anda akan menerima keputusan izin dari Ditjen Migas melalui Pos atau surat elektronik.

Kendala Saat Daftar Izin Niaga Umum

Hambatan bisa saja muncul ketika proses pengurusan izin niaga umum. Setidaknya ada dua kategori kendalanya, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.

Kendala internal adalah hambatan yang berasal dari badan usaha yang akan melakukan permohonan perizinan usaha. Kendala yang dimaksud seperti berikut.

  • Kurang paham dengan persyaratan izin. Karena itu sedari awal badan usaha harus memahami apa saja persyaratan izin yang ditetapkan oleh Ditjen Migas. Kalau hal ini tidak dipahami, maka badan usaha akan kesulitan dalam proses menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan.
  • Tidak memiliki sumber daya manusia berkompeten dan berpengalaman. Proses pendaftaran izin niaga umum harus ditangani oleh merka yang kompeten di bidang perizinan migas. Jika tidak, sudah pasti akan kesulitan dalam mengikuti seluruh rangkaian proses pendaftaran izin.
  • Kekurangan anggaran. Biaya PNBP untuk pengurusan izin niaga umum sebesar 50 juta rupiah. Kalau badan usaha tidak memiliki anggaran tersebut, maka akan kesulitan dalam pembayarannya.

Sedangkan kendala eksternal adalah hambatan yang datang dari berbagai faktor di luar badan usaha. Berbagai kendala tersebut biasanya sebagai berikut.

  • Terjadi perubahan perundang-undangan. Regulasi di bidang perizinan migas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Kalau badan usaha tidak mengikuti perubahan tersebut, maka akan menemui kesulitan dalam proses pengajuan perizinan.
  • Ketersediaan sarana dan prasarana. Badan usaha wajib sudah memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan. Kalau hal itu tidak bisa terpenuhi, pastinya badan usaha akan kesulitan dalam memenuhi persyaratan perizinan.
  • Kualitas pelayanan dari instansi terkait. Jika pelayanan instansi terkait kurang memuaskan, maka Anda bisa mengalami kesulitan dalam proses perizinan niaga umum.
Read More :  Syarat dan Biaya Mendapatkan Izin Usaha Pengolahan Minyak dan Gas Bumi

Jadi, supaya seluruh proses permohonan izin berjalan dengan lancar dan cepat, pastikan Anda sudah memahami berbagai kendala di atas. Anda bisa mengumpulkan informasi mengenai persyaratan izin dengan mengakses situs web Ditjen Migas. Selanjutnya adalah melengkapi semua berkas persyaratan dengan benar dan lengkap.

Sangat disarankan juga untuk menggunakan jasa konsultan perizinan. penyedia jasa ini sangat membantu badan usaha dalam menyiapkan seluruh dokumen persyaratan, pengisian formulir permohonan, dan mengikuti proses evaluasinya dari Ditjen Migas.

Jika memahami berbagai kendala yang mungkin saja terjadi, maka Anda bisa menyiapkan diri dengan baik, agar proses pengurusan perizinan berjalan sesuai harapan.

Jasa Pengurusan Izin Niaga Umum

Anda tidak mau dipusingkan dengan segala proses pengajuan perizinan? Anda bisa mengandalkan penyedia jasa pengurusan perizinan usaha. Tugasnya adalah membantu badan usaha, agar bisa memperoleh izin niaga umum dari Ditjen Migas Kementerian ESDM.

Penyedia jasa ini meliputi seluruh proses registrasi perizinan, mulai dari persiapan dokumen persyaratan, pengisian formulir permohonan, pembayaran PNBP, sampai dengan evaluasi oleh Ditjen Migas.

Nah, dengan menggunakan jasa tersebut, maka pemilik badan usaha bisa menghemat waktu dan tenaga dalam proses pendaftaran izin. Anda juga bisa mendapatkan pendampingan dari ahli berkompeten dan berpengalaman di bidang perizinan migas.

Keuntungan Menggunakan Jasa Daftar Izin Niaga Umum

Mengurus permohonan perizinan usaha bukanlah hal mudah, bagi yang tidak memahami seluk beluknya. Karena itu, Anda membutuhkan bantuan dari ahlinya. Apalagi dengan pengalaman yang dimilikinya, maka proses pengajuan perizinan menjadi lebih mudah dan cepat. Nah, apa saja manfaat atau keuntungan bila Anda menggunakan jasa tersebut?

  • Hemat Waktu dan Tenaga. Proses pengajuan pendaftaran izin niaga umum setidaknya membutuhkan waktu 30 hari kerja. Kalau anda mengurus segala prosesnya sendiri, maka harus meluangkan tenaga dan waktu khusus. Anda harus menyiapkan berbagai berkas persyaratan, mengisi formulir permohonan, dan mengikuti proses evaluasinya. Tapi tentunya berbeda kalau Anda menggunakan konsultan atau perusahaan penyedia jasa pengurusan perizinan.
  • Peluang Izin Disetujui Lebih Besar. Perusahaan jasa pendaftaran perizinan usaha memiliki pengetahuan luas dan pengalaman memadai di bidang perizinan migas. Penyedia jasa ini bahkan memiliki jaringan yang luas dengan instansi terkait. Dengan begitu, meningkatkan peluang perizinan disetujui.
  • Meningkatkan Kepastian Hukum. Penyedia jasa ini akan memastikan kalau seluruh proses perizinan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Langkah ini sangat penting, agar terhindar dari permasalahan hukum.
Read More :  Cara Mendirikan CV dengan Syarat Mendirikan CV yang Mudah dan Cepat

Nah, jika tertarik untuk menggunakan jasa pendaftaran izin niaga umum, Anda bisa menghubungi konsultan atau perusahaan penyedia jasa tersebut. Pastikan Anda memilih penyedia jasa profesional, berpengalaman  dengan reputasi baik.

Sekarang ini sangat mudah menemukan penyedia jasa perizinan usaha. Sayangnya, tidak semuanya dijamin sesuai harapan Anda. Pilihlah yang sudah terbukti kinerja dan senantiasa memberikan pelayanan prima.

Sebagai pilihan terbaik, Anda bisa mempercayakan pengurusan perizinan usaha dengan Izinmudah.com. Perusahaan jasa perizinan ini memiliki tenaga profesional dan berpengalaman di bidang pengurusan daftar izin niaga umum. Anda bisa hemat waktu, tenaga dan pikiran, serta tidak terbebani dengan biaya pengurusan perizinan yang mahal.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha

Scroll to Top