Manfaat Badan Usaha Memiliki Izin Niaga Umum Migas

Pebisnis perlu mempertimbangkan dengan cermat berbagai risiko, yang terkait dengan kegiatan usaha niaga umum migas ilegal sebelum memutuskan untuk menjalankan usahanya. Oleh karena itu, segera daftarkan Izin Niaga Umum Migas untuk mendapatkan manfaatnya.

Jenis Izin Niaga Umum Migas

Dengan mendapatkan legalitas untuk melakukan kegiatan usaha niaga migas, maka pelaku usaha bisa memperoleh akses ke pasar migas yang lebih luas. Selain itu, juga bisa meningkatkan peluang kerjasama dengan badan usaha lain di bidang migas.

Jika Anda ingin mengajukan perizinan usaha tersebut, pastikan sudah memenuhi seluruh persyaratan, dan memahami prosedur pengakuan izin dengan cermat. Jika Anda ingin hemat waktu dan tenaga, dan lebih besar peluang mendapatkan perizinan, maka bisa memanfaatkan jasa konsultan migas berpengalaman. Supaya bisa membantu seluruh proses pengajuan perizinan yang Anda inginkan.

Izin Niaga Umum Migas adalah perizinan usaha yang harus dimiliki oleh badan usaha dalam menjalankan kegiatan usaha niaga migas, baik untuk jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun hasil olahan minyak dan gas bumi (migas) lainnya.

Perizinan tersebut dikeluarkan oleh Ditjen Migas (Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). Sebelum mengajukan izin usaha, penting untuk memahami jenis perizinannya.

Ada dua jenis untuk perizinan usaha ini, yaitu Niaga Umum BBM dan Niaga Umum Hasil Olahan Migas. Perizinan niaga umum BBM adalah legalitas bagi badan usaha yang bergerak di bidang usaha niaga bahan bakar minyak secara umum. Kegiatan bisnis ini meliputi pengadaan, penyimpanan, penyaluran dan distribusi BBM.

Sedangkan untuk perizinan niaga umum hasil olahan migas diberikan kepada badan usaha yang menjalankan kegiatan usaha niaga hasil olahan migas selain BBM, seperti LPG, bitumen dan petrokimia.

Read More :  Prospek Bisnis dan Proses Permohonan Izin Usaha Migas

Persyaratan dan Prosedur Pengajuan Izin Niaga Umum Migas

Sebelum mengajukan permohonan izin usaha, pastikan Anda sudah mengetahui dengan detail persyaratan dan prosedurnya. Jika persyaratannya sudah lengkap dan akurat akan mempercepat proses pengurusan perizinannya.

Perlu diketahui bahwa persyaratan dan prosedurnya bisa saja berubah sewaktu-waktu. Hal itu karena perubahan regulasi dari pemerintah. Untuk itu, sebelum pengajuan izin pastikan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apa saja persyaratan yang harus disiapkan?

  • Badan usaha berbentuk Koperasi atau Perseroan Terbatas (PT)
  • Memiliki modal disetor minimal Rp 5 miliar untuk Niaga Umum Hasil Olahan. Sedangkan untuk perizinan Niaga Umum BBM harus memiliki modal disetor Rp 10 miliar.
  • Badan usaha sudah memiliki pengalaman setidaknya selama dua tahun dalam kegiatan usaha niaga migas atau memiliki tenaga ahli di bidang niaga migas.
  • Badan usaha memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk kegiatan usaha niaga migas.
  • Badan usaha sanggup memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh Ditjen Migas.

Jika Anda bisa memenuhi seluruh persyaratan di atas, maka sudah bisa melakukan pengajuan perizinan. Agar prosesnya lancar, maka wajib memahami prosedur pengajuan perizinannya. Setidaknya ada empat tahapan yang harus dilalui.

  • Badan hukum melakukan pengajuan permohonan perizinan secara online melalui sistem OSS (Online Single Submission)
  • Sudah melengkapi semua dokumen persyaratan
  • Tahap verifikasi dan validasi dokumen oleh Ditjen Migas
  • Penerbitan Izin Niaga Umum Migas

Masa berlaku izin usaha ini adalah selama 20 tahun, dan dapat diperpanjang paling lama hingga 20 tahun untuk setiap kali perpanjangan. Jadi kalau prospek bisnisnya Anda anggap bagus, maka bisa melakukan perpanjangan perizinan.

Read More :  Persetujuan Penggunaan Tanda SNI

Manfaat Izin Niaga Umum Migas

Menjalankan bisnis migas secara ilegal tentunya bertentangan dengan hukum yang berlaku. Jalankan peraturan sebagaimana mestinya, karena akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pelaku usaha. Nah, apa sajakah manfaat badan usaha memiliki perizinan niaga umum migas?

  1. Legalitas Usaha

Perizinan usaha ini memberikan legalitas kepada badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha niaga migas. Legalitas ini pastinya sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas badan usaha bagi mitra bisnis dan konsumennya. Bagi perusahaan yang tidak memiliki perizinan bisa dikenakan sanksi, seperti denda bahkan pencabutan izin usaha.

  1. Akses Pasar Semakin Luas

Dengan memiliki izin usaha ini, maka memungkinkan badan usaha untuk mengakses pasar migas lebih luas. Tidak hanya bisa menyasar pasar dalam negeri saja, tetapi juga pasar luar negeri. Keuntungan ini tentunya bisa meningkatkan peluang bisnis, dan pendapatan badan usaha. Bagi badan usaha yang tidak memiliki izin resmi biasanya hanya bisa menjalankan operasinya di pasar yang terbatas.

  1. Membuka Peluang Kerjasama

Jika badan usaha Anda memiliki legalitas usaha, maka peluang kerjasama semakin terbuka dan meningkat. Karena bisa menjalin kerjasama dengan badan usaha lain di bidang minyak  bumi dan gas.

Bentuk kerjasama bisnisnya bisa seperti subkontrak, join venture dan kemitraan. Kalau bisa bekerjasama dengan badan usaha lain, maka bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan usaha niaga migas.

  1. Kepastian di Mata Hukum

Perizinan usaha ini memberikan kepastian di mata hukum bagi badan usaha dalam menjalankan bisnisnya. Hal itu sangat penting agar terhindar dari risiko hukum yang dapat timbul karena tidak memiliki perizinan. Adanya kepastian hukum menjadikan Anda lebih tenang dan fokus dalam menjalankan usaha.

  1. Meningkatkan Daya Saing
Read More :  Biro Jasa

Daya saing badan usaha akan meningkat di pasar migas. Hal itu karena badan usaha yang sudah mengantongi legalitas memiliki akses pasar lebih luas, dan berpeluang mendapatkan kerjasama lebih banyak dari badan usaha lain. Kalau daya saingnya sudah tinggi, tentu bisa membantu badan usaha untuk memenangkan tender dan proyek migas.

  1. Kontribusi Terhadap Sektor Perekonomian

Aktivitas usaha niaga migas yang legal dan terorganisir dengan baik bisa memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Karena badan usaha mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan perolehan pajak meningkat. Sehingga membantu meningkatkan pendapatan negara.

Sangat jelas kalau perizinan niaga umum migas memiliki banyak manfaat bagi badan usaha. Tentunya manfaat yang diperoleh bisa saja berbeda-beda, tergantung dari jenis usaha, skala usaha dan kondisi pasarnya. Karena itu, pertimbangkan dengan cermat berbagai faktor sebelum memutuskan untuk mengajukan perizinan usahanya.

Jika sudah yakin, maka bisa mempelajari dengan detail syarat dan prosedur pengajuan perizinannya. Anda tidak harus mengajukan izin usaha ini sendiri. Apalagi masih awan atau tidak memiliki pengalaman dalam pengurusan perizinan tersebut.

Ada baiknya untuk mendapatkan pendampingan dari konsultan perizinan usaha terpercaya dan berpengalaman. Pengalamannya yang luas sangat membantu proses pengajuan izin tidak memakan waktu terlalu lama. Selain itu, untuk memastikan setiap dokumen yang disetorkan sudah valid dan lengkap. Dengan begitu, proses pengajuannya tidak tersendat karena terdapat dokumen yang tidak sesuai.

Percayakan pengurusan Izin Niaga Umum Migas, hanya kepada Izinmudah.com! Karena sudah terbukti memiliki reputasi bagus, berkompeten, berpengalaman, pelayanan memuaskan dan tarif yang masih relevan. Dapatkan perizinan usahanya, dan nikmati segala manfaatnya.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top