Notaris Pembuatan PT

Notaris pembuatan PT saat ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk membantu kepengurusan izin usaha mereka dalam mendirikan Perseroan Terbatas. Dalam membuat akta pendirian harus dilakukan oleh notaris yang berwenang di seluruh wilayah negara republik Indonesia yang selanjutnya akan mendapatkan persetujuan dari Menteri Kemenkumham. Dalam pembuatan Perseroan Terbatas diperlukan adanya kesepakatan yang dituangkan dalam akta pendirian perusahaan yang dibuat di hadapan notaris.

Fungsi dari Akta Notaris Pembuatan PT

Akta Sebagai Fungsi Formal

Disebut sebagai fungsi formal karena suatu perbuatan hukum akan menjadi lebih lengkap jika membuat suatu  akta.

Akta Sebagai Alat Pembuktian

Dikatakan sebagai alat pembuktian karena ketika dibuat oleh para pihak yang terikat dalam suatu perjanjian dapat menggunakan akta tersebut sebagai alat pembuktian di kemudian hari. Akta yang asli adalah bukti yang kuat ketika suatu saat dibutuhkan akta sebagai pembuktiannya.

Isi dari Akta Notaris Pembuatan PT

Ketika para pelaku usaha membuat akta notaris, maka isinya harus mencantumkan tanggal pendirian perusahaan, bentuk dan nama perusahaan, nama para pendiri, alamat tempat usaha, tujuan pendirian usaha, besar modal usaha, kepengurusan dan tanggung jawab anggota pendiri usaha, tahun buku, dan lain sebagainya sesuai kesepakatan. Selanjutnya akta diberi materai dan ditandatangani oleh pendiri perusahaan, saksi, serta notaris. Selanjutnya notaris akan mendaftarkan akta pendirian ke pengadilan negeri.

Read More :  Persetujuan Penggunaan Tanda SNI

Tujuan dari Akta Notaris Pembuatan PT

Dibuatnya akta notaris adalah untuk menghindarkan terjadi perselisihan mengenai pembagian keuntungan dan proporsi kerugian di kemudian hari. Tujuan berikutnya adalah untuk memberi kejelasan status kepemilikan perusahaan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti perselisihan saat saham akan dijual kembali oleh mitra Anda atau kepada orang lain serta proses penilaian pembelian saham.

Biaya Notaris Pembuatan PT

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu arti dari usaha menengah, usaha mikro, dan usaha kecil. Yang dimaskud dari Usaha Menengah adalah usaha ekonomi yang produktif dan berdiri sendiri, serta yang dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha yang bukan cabang perusahaan yang dimiliki. Kemudian yang dimaksud dari Usaha Mikro merupakan usaha yang produktif dan dimiliki oleh perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria untuk Usaha Mikro.

Sedangkan arti dari Usaha Kecil yaitu usaha ekonomi yang produktif dan berdiri sendiri, dilakukan oleh perorangan maupun badan usaha. Pilihlah notaris pembuatan PT yang terpercaya dan terbaik sehingga Anda akan dengan mudah ketika mendirikan PT.

Untuk biaya notaris wajib untuk menerapkan biaya jasa hukum alam pendirian perseroan untuk pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia nomor 3 tahun 2017 mengenai Biaya Jasa Hukum Notaris untuk Pendirian Perseroan Terbatas Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Read More :  Adakah Kendala Dalam Buat PT Baru

Cara Memilih Notaris Pembuatan PT

Pilih Ahli Jasa yang Sudah Lama Berdiri

Ahli jasa yang sudah berdiri sejak lama patut menjadi pertimbangan karena pasti sudah terpercaya dan berpengalaman. Karena apabila mereka mengecewakan pasti usaha mereka akan tutup sejak dulu.

Bukti Pengalaman

Pilihlah notaris yang sudah mempunyai bukti pengalaman yaitu yang sudah melayani banyak klien terutama saat pendirian PT. Jika perlu mintalah portfolio perusahaan sebagai bukti mereka memang berpengalaman.

Perhatikan Paket Pengurusan

Seperti yang sudah Anda ketahui jika dalam pembuatan Perseroan Terbatas membutuhkan banyak dokumen dan harus ada beberapa dokumen yang wajib dimiliki agar PT dapat dikatakan sah untuk beroperasi. Sedangkan untuk mengurus satu dokumen juga membutuhkan beberapa persyaratan, sehingga perhatikanlah paket pengurusan dari notaris apakah paket tersebut lengkap sehingga memudahkan Anda atau malah sebaliknya.

Harga Jasa Pengurusan Murah Tidak Selalu Mengecewakan

Rubah pemikiran Anda yang mengira jika biaya pengurusan dokumen untuk pendirian PT semakin mahal maka akan semakin cepat pula prosesnya. Padahal, sekarang ini sudah banyak penyedia jasa yang bisa memberikan layanan pengurusan dokumen dengan proses cepat namun harga jasanya murah. Maka Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih notaris mana yang akan digunakan.

Itulah beberapa cara memilih notaris untuk membantu pembuatan PT, dan Anda dapat menghubungi kami untuk membantu pengurusan pendirian PT Anda dengan cepat dan murah.

Read More :  Keuntungan Mengurus Perizinan Migas Online
Scroll to Top