Perhatikan 2 Jenis Sekutu Sebelum Tahu Biaya Membuat CV Perusahaan

Selain PT, bentuk perusahaan lain yang sering didirikan di Indonesia adalah CV. Perusahaan yang juga sering dikenal dengan kepanjangan Commanditaire Vennootschap ini memang populer karena biaya membuat CV perusahaan tidak semahal seperti mendirikan PT.

Terlebih, masih banyak pula keuntungan yang diterima pendiri dibandingkan membuat PT selain lebih menghemat biaya pendirian karena sebenarnya proses dan mekanismenya sedikit lebih mudah.

Biaya Membuat CV Perusahaan yang Rendah Karena Terdapat 2 Sekutu Penting Disana

Proses yang lebih mudah menjadikan biaya membuat CV perusahaan jauh lebih murah dibandingkan mendirikan PT. Meski demikian, tetap ada perjanjian antara pemilik modal karena CV artinya adalah persekutuan dan ini didirikan langsung oleh beberapa orang sekaligus dalam kesepakatan.

1 orang akan menjadi pemimpin sementara yang lainnya akan menjadi penyimpan modal maupun barang. Ada beberapa sekutu yang terdapat di dalam CV ini dan terbagi ke dalam beberapa tipe yaitu:

  • Sekutu komplementer

Ini merupakan sekutu aktif yang artinya adalah pihak yang memiliki tugas utama untuk mengoperasikan perusahaan atau menjalankan usaha dan mereka juga merupakan pihak yang memiliki hak dalam melakukan berbagai macam kerja sama termasuk terlibat dalam perjanjian dengan pihak lain diluar perusahaan atau pihak ketiga.

Sekutu aktif ini memiliki tugas mengelola seluruh hal yang ada kaitannya secara operasional dengan CV dan juga sebagai pihak penting untuk mengambil kebijakan di dalam perusahaan.

  • Sekutu komanditer
Read More :  Biaya Pembuatan CV di Notaris

Ini merupakan sekutu aktif yang artinya adalah pihak yang hanya menyerahkan modalnya saja dapat berupa barang maupun uang pada pihak yang akan mengelola CV tersebut.

Dengan kata lain, mereka hanya akan bertanggung jawab pada modal yang mereka investasikan di dalam CV. Bila CV mendapatkan keuntungan maupun kerugian, maka hasil yang diperoleh sekutu komanditer hanya senilai nominal modal yang telah diberikan dalam CV tersebut.

Sementara mereka sama sekali tidak memiliki tugas maupun tanggung jawab secara operasional pada apapun kegiatan dan kebijakan yang ada dalam perusahaan selama CV itu dijalankan.

Biaya Membuat CV Perusahaan Murah Karena Sekutu Komanditer Ada 3 Jenis

Setelah mengetahui bahwa sekutu komanditer ini hanya memiliki modal, namun kenyataannya terdapat beberapa jenis dari sekutu komanditer yang harus Anda lakukan antara lain:

  • Sekutu komanditer murni

Ini merupakan bentuk dari perusahaan CV yang sederhana dibandingkan yang lain sebab di dalam sekutu ini, hanya ada 1 saja sekutu komplementer yang memiliki tugas untuk mengoperasikan perusahaan itu sementara yang lainnya murni hanya sekutu pasif saja.

  • Sekutu komanditer campuran

Yang satu ini merupakan sedikit perbedaan dengan yang sebelumnya karena namanya juga campuran. Bentuk perusahaan yang satu ini biasanya dikenal dengan firma atau fa. Firma sangat memerlukan modal tambahan untuk terus berusaha atau beroperasi kemudian pihak lain muncul dan datang dengan niat meminjamkan modal pada pemilik.

Read More :  Syarat Pembuatan PT di Notaris

Maka investor itu pun akan secara otomatis memiliki dan menduduki status dengan Persero Komanditer. Sementara pemilik firmanya akan disebut Persero Komplementer.

  • Sekutu komanditer bersaham

Sementara untuk CV yang berjenis ini tidak sama dengan saham yang Anda kenal. Saham yang dimaksud tidak sama dengan saham yang ditawarkan dari PT. Saham yang diterbitkan di perusahaan ini tujuannya untuk memudahkan modal ditarik dari yang ditanamkan pada sebuah usaha.

Ini bisa jadi karena penarikan modal CV tidak semudah penarikan modal dari perusahaan lain. Saham di dalamnya juga sama sekali tidak dapat diperjualberlikan dan hanya untuk pihak dari sekutu komplementer maupun komanditer saja.

Tak heran dengan adanya kedua sekutu ini, maka biaya membuat CV perusahaan ini sangat murah dan tidak serumit PT namun setidaknya perusahaan itu tetap sah dimata hukum dengan memilih agen jasa terbaik untuk mendirikannya.

Scroll to Top