Persyaratan dan Prosedur Daftar Perusahaan Izin Niaga Umum Migas

Prospek bisnis migas di Indonesia cukup cerah. Meskipun terdapat beberapa tantangan, tetapi dengan dukungan pemerintah, bisnis migas tetap memikat para pengusaha. Jika Anda tertarik terjun di bisnis ini, langkah awalnya adalah dengan melakukan daftar perusahaan Izin Niaga Umum Migas.

Prospek Bisnis Migas di Indonesia

Bisnis minyak dan gas bumi di Indonesia memiliki prospek cukup cerah. Walaupun harus menghadapi sejumlah tantangan. Berikut adalah beberapa faktor yang mendukung prospek bisnis migas di Tanah Air.

  1. Peningkatan Kebutuhan Energi. Angka kebutuhan energi di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal itu seiring dengan pertumbuhan populasi dan ekonomi. Kondisi baik ini membuka peluang emas bagi pelaku bisnis migas. Agar bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan energi tersebut.
  2. Cadangan Migas Sangat Besar. Indonesia tercatat memiliki cadangan migas sangat besar mencapai 23,7 miliar barel minyak bumi. Sedangkan untuk cadangan gas buminya mencapai 104,6 triliun kaki kubik. Dengan cadangan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi nasional hingga beberapa dekade mendatang.
  3. Dukungan Besar dari Pemerintah. Dukungan penuh diberikan oleh pemerintah Indonesia, agar bisnis migas berkembang pesat. Untuk itu, pemerintah menetapkan kebijakan dan insentif yang membantu badan usaha menjalankan bisnisnya. Regulasi tersebut berupa proses pengajuan perizinan usaha yang semakin sederhana, pemberian insentif fiskal, dan meningkatkan infrastruktur migas.
  4. Peluang investasi semakin besar. Bisnis migas membutuhkan investasi bernilai tinggi. Kondisi ini membuka celah peluang bagi investor domestik dan internasional, untuk berinvestasi pada bisnis migas di Indonesia.
  5. Potensi Diversifikasi Produk. Bisnis migas di Indonesia membuka peluang diversifikasi produk. Jadi tidak terbatas hanya pada produksi minyak bumi. Pengembangan produk itu seperti bahan bakar nabati, petrokimia serta energi baru dan terbarukan.
Read More :  Biaya Pembuatan CV 2019 yang Perlu Dipersiapkan Oleh Pengusaha

Bagaimana? Tertarik berinvestasi di bisnis migas? Berkonsultasi dengan tenaga ahli sangat disarankan. Agar usaha yang akan dirintis bisa berjalan lancar, dan benar-benar menghasilkan keuntungan finansial yang optimal.

Semuanya itu diawali dengan legalisasi bisnis yang akan dijalankan. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan regulasi khusus mengenai persyaratan dan prosedur dalam pengajuan daftar perusahaan Izin Niaga Umum Migas. Ikuti seluruh ketentuannya, agar badan usaha Anda mendapatkan perizinan resmi.

Kegiatan Usaha Niaga Migas

Izin Niaga Umum Migas merupakan perizinan yang diberikan untuk badan usaha agar bisa melakukan kegiatan usaha niaga migas secara umum. Termasuk dalam penyaluran, penyimpanan dan pengangkutan.

Kegiatan penyaluran adalah menjual dan mendistribusikan migas kepada konsumen akhir, badan usaha pengguna atau badan usaha niaga. Aktivitas penyimpanan adalah menyimpan migas di tempat khusus untuk keperluan niaga. Sedangkan pengangkutan berhubungan dengan mengangkut migas dari tempat penyimpanan menuju tempat penyimpanan lainnya atau tempat penyaluran.

Terdapat dua jenis Izin Niaga Umum Migas yang perlu diketahui. Pertama adalah Izin Niaga Umum BBM, yang diberikan bagi kegiatan usaha niaga Bahan Bakar Minyak atau BBM. Kedua adalah Izin Niaga Umum Hasil Olahan Migas. Perizinan tersebut diberikan untuk kegiatan usaha niaga hasil olahan migas selain BBM. Sebagai contoh petrokimia, bitumen dan LPG (Liquefied Petroleum Gas).

Persyaratan dan Prosedur Pengurusan Izin Niaga Umum Migas

Sebelum Anda mengajukan Izin Niaga Umum Migas, tentunya harus memahami persyaratannya dengan detail. Supaya bisa menyiapkannya sejak awal, tanpa ada berkas atau dokumen yang terlewatkan. Nah, apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa memenuhi persyaratan permohonan perizinan tersebut?

  • Sudah memiliki badan hukum, seperti Koperasi atau Perseroan Terbatas (PT).
  • Berpengalaman minimal dua tahun dalam kegiatan usaha niaga migas atau memiliki tenaga ahli di bidang niaga migas.
  • Memiliki modal disetor minimal Rp 5 miliar untuk Izin Niaga Umum Hasil Olahan Migas, dan Rp 10 miliar untuk Izin Niaga Umum BBM.
  • Menyiapkan tempat penyimpanan dan pengangkutan migas sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan.
  • Memiliki surat rekomendasi dari Kementerian atau Lembaga terkait.
Read More :  Biaya Membuat PT 2020 [Besaran Per Daerah]

Pengajuan Izin Niaga Umum Migas bisa dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Berikut ini prosedur yang harus Anda lalui.

  1. Pembuatan akun melalui OSS.
  2. Pemilihan jenis Izin Niaga Umum Migas.
  3. Pengisian formulir dan mengunggah dokumen persyaratannya.
  4. Pembayaran biaya perizinan usaha.
  5. Menunggu proses pengajuan sampai mendapatkan persetujuan dari Kementerian ESDM.

Masa berlaku Izin Niaga Umum hingga 20 tahun. Perizinan ini bisa diperpanjang paling lama 20 tahun untuk setiap kali perpanjangan.

Dengan memiliki legalitas berupa Izin Niaga Umum Migas, tentunya memberikan manfaat besar bagi badan hukum. Kegiatan usaha Anda akan mendapatkan kepastian hukum, berpeluang untuk memperoleh kontrak kerjasama dengan badan usaha lain, akses ke sumber-sumber migas lebih mudah, dan daya saing dalam bisnis migas lebih meningkat.

Jadi segera mengurus daftar perusahaan Izin Niaga Umum Migas, agar Anda bisa menikmati kenyamanan dan ketenangan dalam menjalankan usaha. Selain itu, tentunya bisa mendapatkan profit sesuai harapan.

Jasa Konsultan Pembuatan Izin Niaga Umum Migas

Pengurusan pendaftaran Izin Niaga Umum Migas bisa dilakukan secara mandiri oleh badan usaha. Sayangnya, tidak semua badan usaha memiliki tenaga ahli yang kompeten dan pengalaman. Kalau kondisi tersebut juga terjadi pada perusahaan Anda, saatnya menggunakan jasa konsultan perizinan usaha.

Konsultan perizinan usaha sangat membantu Anda dalam memahami dan mematuhi seluruh perundang-undangan yang berlaku. Anda juga akan dibantu dalam menyiapkan dokumen persyaratan, mengajukan permohonan izin usaha, dan mengurus izin usaha hingga diterbitkan.

Read More :  Syarat Membuat PT 2019 dan Detail Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jadi sangat jelas kalau badan usaha sangat terbantu dengan keberadaan konsultan perizinan usaha. Anda juga akan menikmati manfaat, seperti lebih hemat waktu dan tenaga, serta peluang keberhasilan dalam mendapatkan perizinan lebih besar. Selain itu, memastikan kalau perizinan usaha tersebut diperoleh sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Biaya Jasa Konsultan Izin Niaga Umum Migas

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk menggunakan jasa konsultan perizinan usaha? Hal itu tergantung dari beberapa faktor. Sehingga biaya jasa tersebut bisa sangat bervariasi. Faktor yang dimaksud adalah ruang lingkup pekerjaan konsultan, kompleksitas pengajuan perizinan, dan pengalaman serta reputasi dari konsultan.

Agar Anda tidak salah pilih jasa konsultan perizinan, maka pastikan konsultan memiliki izin usaha yang sah, serta pilihlah konsultan bereputasi baik dan berpengalaman luas.

Untuk itu, pahamilah ruang lingkup pekerjaan konsultan, mintalah penawaran harga yang relevan, dan tentukan target waktu penyelesaian perizinan. Bagi konsultan terpercaya dan memiliki kemampuan handal, pastinya akan memberikan pelayanan prima. Sehingga klien bisa mendapatkan perizinan dalam tempo waktu yang cepat.

Anda bisa memberikan kepercayaan kepada Izinmudah.com dalam pengurusan perizinan usaha. Karena terbukti memiliki reputasi bagus, tenaga ahli berpengalaman, pelayanan prima dan biaya layanan yang bersahabat.

Konsultasikan jenis usaha yang akan Anda kerjakan. Agar tim Izinmudah bisa membantu Anda menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan, dan mengurus pengajuan daftar perusahaan Izin Niaga Umum Migas hingga penerbitan legalitasnya.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top