Persyaratan dan Prosedur Izin Survei Migas

Badan usaha yang ingin melakukan kegiatan survei migas di wilayah Indonesia wajib memiliki izin survei migas. Perizinan ini diterbitkan oleh Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), melalui Ditjen Migas (Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi).

Mengenal Jenis Izin Survei Migas

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan survei migas? Survei migas merupakan kegiatan untuk mencari dan menemukan cadangan migas di bawah permukaan bumi. Aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan beragam metode, seperti survei gravitasi, survei magnetik dan survei seismik.

Sebelum mengajukan permohonan perizinan usaha, tentunya pengusaha harus memahami seluk beluk usaha yang akan dijalankan. Karena perizinan survei migas terbagi atas beberapa jenis. Sehingga bisa mempengaruhi persyaratan yang diwajibkan kepada para pemohonnya. Apa sajakah jenis perizinan yang dimaksud?

  • Izin Survei Umum. Perizinan ini diterbitkan bagi badan usaha yang menjalankan kegiatan survei migas yang sifatnya umum, dan tidak terikat pada wilayah kerja migas tertentu.
  • Izin Survei di Luar Wilayah Kerja Migas. Perizinan usaha ini diberikan kepada badan usaha yang melakukan kegiatan survei migas, yang dilakukan diluar wilayah kerja migas yang telah ditetapkan.
  • Izin Survei Tahap Eksplorasi. Perizinan ini diberikan bagi badan usaha yang melakukan kegiatan survei migas yang dikerjakan di dalam wilayah kerja migas, yang telah ditetapkan dan memiliki tujuan untuk memperoleh informasi lebih detail berhubungan dengan potensi migas di wilayah tersebut.

Persyaratan Izin Survei Migas

Untuk mengajukan perizinan survei migas tentunya harus mengikuti seluruh persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah. Semua perusahaan harus tunduk dengan peraturan tersebut. Agar bisa lolos dalam tahapan verifikasi dokumen, dan mendapatkan perizinan secara resmi. Nah, apa sajakah peraturan tersebut?

  • Memiliki badan usaha yang sudah berbadan hukum di Indonesia
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan teknis dalam menjalankan kegiatan survei migas
  • Memiliki personel yang berkompeten, dan berpengalaman dalam melakukan kegiatan survei migas
  • Memiliki peralatan dan teknologi yang memadai untuk menjalankan kegiatan survei migas
  • Sanggup memenuhi persyaratan AMDAL (Analisis dampak lingkungan) dan izin lingkungan lainnya
  • Bersedia membayar biaya izin survei migas
Read More :  Biro Jasa Pengurusan SIUJK

Prosedur Izin Survei Migas

Siapa pihak yang diperbolehkan melakukan survei migas? Kegiatan ini hanya boleh dilakukan oleh badan usaha yang sudah memiliki perizinan survei migas, yang diberikan oleh Ditjen Migas. Kegiatan ini hanya boleh dilakukan di wilayah Indonesia.

Baca Juga :

Setelah mengetahui dan memahami persyaratan yang diperlukan untuk pengajuan permohonan perizinan izin survei, maka Anda wajib memahami prosedurnya. Supaya proses pengajuan perizinan berlangsung dengan lancar, dan tentunya disetujui permohonannya. Berikut ini beberapa prosedur yang harus dilalui pemohon izin usaha.

  • Pengajuan permohonan perizinan survei migas tidak harus dengan cara konvensional atau datang ke kantor Kementerian ESDM. Karena sudah cukup dilakukan secara online. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut yang dinamakan sebagai Online Single Submission (OSS). Cara pembuatan akun dan pengajuan melalui sistem ini sangat mudah. Anda tinggal mengikuti beberapa langkah yang ditampilkan di sistem tersebut.
  • Pastikan sudah melengkapi seluruh dokumen persyaratan yang ditetapkan.
  • Melakukan pembayaran untuk biaya izin survei migas.
  • Menunggu proses verifikasi dan validasi dokumen yang dilakukan oleh Ditjen Migas.
  • Kalau seluruh dokumen dinyatakan sudah sesuai, maka tinggal menunggu persetujuan pengajuan perizinan survei migasnya. Setelah itu, penerbitan perizinan akan dilakukan. Sehingga perusahaan Anda sudah legal untuk menjalankan aktivitas bisnisnya.
Read More :  Persyaratan Pembuatan PT Baru

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mendapatkan izin survei migas? Waktu yang dibutuhkan sangat tergantung pada kelengkapan dokumen dan persyaratan yang diajukan. Pada umumnya proses pengajuan izin ini memerlukan waktu sekitar satu bulan.

Perlu diketahui bahwa jangka waktu perizinan survei migas berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Izin Survei Umum berlaku selama dua tahun, Izin Survei di Luar Wilayah Kerja Migas berlaku selama satu tahun, dan sedangkan Izin Survei Tahap Eksplorasi berlaku hingga tiga tahun.

Bagaimana dengan biaya perizinan survei migas? Pembiayaan ini dihitung berdasarkan luas area survei, dan jenis perizinan yang diajukan. Biaya tersebut bisa dilihat pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Izin Usaha Pengusahaan Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Nah, jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai izin survei migas, bisa mendapatkannya melalui website resmi Ditjen Migas di migas.esdm.go.id. bisa juga melalui layanan informasi dan pengaduan migas melalui telepon 136.

Persyaratan dan prosedur pengajuan perizinan survei migas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Karena berkaitan dengan regulasi atau perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu, pelaku usaha yang ingin mengajukan perizinan tersebut harus selalu memperbaharui informasinya.

Dalam menjalankan survei migas, badan usaha harus memperhatikan beberapa faktor. Faktor yang dimaksud seperti keselamatan dan kesehatan pekerja, perlindungan lingkungan, hak-hak masyarakat adat, serta keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan memperhatikan berbagai faktor tersebut, harapannya kegiatan survei migas akan berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil sesuai harapan.

Jika badan usaha sudah mendapatkan perizinan survei migas, maka harus menjalankan segala kewajiban, tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Jangan sampai melakukan tindakan di luar kewenangan atau menyalahgunakan izin yang sudah diberikan.

Read More :  Biaya Pembuatan Yayasan

Segala bentuk pelanggaran maka akan mendapatkan sanksi tegas dari pemerintah. Sanksi berupa teguran tertulis, denda dan pencabutan izin usaha bisa dikenakan kepada badan usaha yang terbukti melakukan pelanggaran.

Apa manfaat dari kegiatan survei migas? Pada umumnya aktivitas ini bermanfaat untuk menemukan cadangan migas baru, meningkatkan produksi migas nasional dan meningkatkan ketahanan energi nasional.

Lalu adakah dampak negatif dari kegiatan survei migas? Bisa saja kegiatan tersebut menimbulkan kerugian, seperti gangguan terhadap lingkungan, gangguan terhadap aktivitas masyarakat dan konflik dengan masyarakat adat.

Oleh karena itu, badan usaha harus mengikuti seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan kegiatan survei migas. Dalam menjalankan kegiatan survei migas, badan usaha harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan para pekerjanya, selalu melakukan upaya perlindungan lingkungan, memenuhi hak-hak masyarakat adat, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tidak kalah pentingnya adalah selalu melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat sebelum menjalankan kegiatan survei migas. Dengan segala upaya tersebut, harapannya kegiatan survei migas berjalan sesuai harapan.

Mengurus perizinan survei migas tidak harus dilakukan secara mandiri oleh pelaku usaha. Karena bisa meminta bantuan kepada konsultan perizinan usaha. Sekarang ini sangat mudah menemukan penyedia jasa tersebut. Namun harus selektif supaya mendapatkan konsultan berkompeten, profesional dan berpengalaman luas.

Setiap konsultan memiliki kemampuan dan pengalaman berbeda-beda dalam mengurus perizinan usaha. Oleh karena itu, pastikan konsultan yang Anda tunjuk sudah berpengalaman dalam pengurusan perizinan survei migas. Karena sudah memahami seluk beluk dan selalu update dengan perubahan perundang-undangan.

Konsultasikan rencana izin usaha yang akan diajukan melalui IzinMudah.com, termasuk pengurusan izin survei migas. Dapatkan pelayanan prima dan profesional dari tenaga berkompeten dan berpengalaman.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha

Scroll to Top