Prosedur dan Biaya Pendirian Yayasan Terbaru

Dalam melakukan suatu kegiatan sosial disarankan untuk beraktivitas dibawah naungan yayasan. Agar aktivitas tersebut aman dijalankan. Untuk mendirikan sebuah yayasan dibutuhkan seorang notaris, atau jasa pendirian yayasan.

Biaya pendirian yayasan pun bisa dibilang terjangkau dengan birokrasi yang tidak terlalu rumit. Silahkan simak penjelasan di bawah ini;

Pengertian Yayasan

Yayasan adalah suatu badan hukum yang didirikan dengan maksud tujuan sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Badan ini didirikan dengan mengacu kepada peraturan formal yang ditentukan dalam undang-undang.

Di Indonesia sendiri, pendirian yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang amandemen atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 mengenai yayasan.

Prosedur Pendirian Yayasan

Pada dasarnya terdapat 3 prosedur pendirian yayasan, sebagai berikut:

Pendirian

Pendirian sebuah yayasan dapat dilakukan oleh perseorangan atau lebih, bisa juga oleh satu badan hukum. Hal ini dilakukan dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendiri sebagai kekayaan awal. Dasar pendirian yayasan ini bisa berupa kesepakatan para pendiri yayasan.

Kesepakatan ini berisi kerjasama untuk melakukan kegiatan sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Atau juga bisa berdasarkan kepada suatu surat wasiat. Mekanisme pendirian dilakukan dengan akta notaris.

Pengesahan

Setelah akta pendirian yang dibuat notaris disahkan oleh Kemenkumham di Kanwil DepKumHam setempat. Barulah suatu yayasan bisa berstatus badan hukum.

Read More :  Memilih Jasa Notaris? Apasaja Tugas, Kewajiban & Kode Etik Notaris?

Pengesahan dari pihak yang berwenang di pemerintahan tersebut harus diselesaikan selambat lambatnya 30 hari sejak tanggal permohonan diterima dalam keadaan lengkap.

Pengumuman

Akta pendirian yayasan yang telah disahkan sebagai badan hukum akan diumumkan dalam berita negara (biaya pengumuman akan ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah).

Pengumuman tersebut wajib diajukan permohonannya selambat-lambatnya 30 hari sejak akta pendirian disahkan. Jika pengumuman tidak dilakukan, konsekwensinya selama pengumuman belum dilakukan, pengurus yayasan harus bertanggungjawab terhadap seluruh kerugian yayasan.

Biaya dan Hal Penting Tentang Yayasan

Berikut ini hal penting tentang yayasan yang perlu diketahui;

Organ Yayasan

Tiap yayasan memiliki susunan organisasi yang terdiri atas pembina, pengawas dan pengurus. Pengelolaan aset dan pelaksanaan kegiatan operasional yayasan dilakukan sepenuhnya oleh pengurus.

Pengurus diwajibkan membuat laporan tahunan yang disampaikan kepada pembina mengenai perkembangan kegiatan yayasan dan keuangan yayasan. Pengawas bertugas memberi nasihat kepada pengurus dalam menjalankan kegiatan yayasan serta melakukan pengawasan.

Kewajiban Audit

Terdapat beberapa sumber kekayaan yayasan seperti bantuan dari negara, bantuan dari pihak lain, atau bantuan dari luar negeri. Yayasan dengan kriteria diatas yang mana kekayaannya sesuai Per UU wajib diaudit oleh akuntan public. Laporan tahunannya juga wajib diumumkan dalam surat kabar berbahasa Indonesia.

Penggabungan dan Pembubaran

Yayasan dapat digabungkan antara yayasan satu dengan lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan yayasan yang menggabungkan diri dibubarkan. Yayasan bisa dibubarkan karena berakhirnya jangka waktu yang ditetapkan di anggaran dasar. Terkait tujuan yang tercapai atau tidak, diputuskan di pengadilan.

Read More :  Syarat Buat PT Baru 2019 Terlengkap

Info Biaya Pendirian Yayasan

Untuk mengajukan pendirian yayasan tidak susah. Hanya saja bagi yang belum terbiasa dengan urusan hukum dan syarat administratif, bisa memakai jasa notaris atau jasa pendirian yayasan.

Selain biaya pendirian yayasan tidak terlalu mahal, urusan pendirian pun akan berjalan dengan lancar. Dijamin birokrasinya akan mudah. Terkait besaran biaya pendirian yayasan yang dikeluarkan untuk pendirian yayasan berkisar di angka Rp 4 juta rupiah. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa bekerjasama langsung dengan notaris atau jasa pendirian yayasan terpercaya.

Scroll to Top