Prosedur Untuk Mengurus SIUJK Online

Bila Anda memiliki usaha yang bergerak di bidang konstruksi, maka sebaiknya Anda mengurus SIUJK atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi. Namun sekarang mengurus perizinan usaha dapat dilakukan dengan sistem online termasuk juga untuk SIUJK online sehingga Anda bisa lebih mudah dan praktis untuk memperoleh izin usaha yang satu ini dan dapat langsung melakukan proses produksi dengan maksimal tanpa perlu sama sekali ada kendala.

Apa Itu SIUJK Online

Jauh sebelum Anda mengurus tentang SIUJK online, masih banyak orang yang belum tahu apa itu SIUJK dan mengapa perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi memerlukannya untuk kelangsungan proses produksi mereka.

Ini adalah izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk perusahaan sehingga mampu mengembangkan ditambah lagi melaksanakan berbagai macam usaha di bidang konstruksi. Bahkan sekarang Anda pun boleh mengurusnya hanya dengan sistem online.

Sebelum Anda sudah mengurus berbagai izin usaha ditambah dengan SIUJK ini, maka sebaiknya Anda juga harus mengetahui apa yang sesungguhnya dari surat izin ini.

Dengan memiliki surat ini, maka Anda sebagai pemilik bisnis sangat diperbolehkan untuk melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas usaha baik itu merencanakan proses produksi hingga konsultan, kontraktor, pelaksana konstruksi atau apapun bidang usaha yang Anda lakukan selama itu memiliki hubungan atau kaitan dengan konstruksi.

Dengan kata lain, tidak seluruh usaha memerlukan SIUJK ini namun hanya untuk pengusaha yang bergerak di dalam bidang ini yaitu konstruksi saja. Beberapa contoh bidang usaha yang membutuhkan surat izin yang satu ini adalah arsitektur, tata lingkungan, mekanikal, konsultan, telekomunikasi dan apapun yang dinilai mirip dengan hal tersebut. Namun dalam proses mengajukan SIUJK ini, Anda sebagai pemilik usaha wajib untuk berhasil menang dalam waktu pelelangan sejak babak pertama.

Read More :  Cara Paling Mudah Memilih Biro Jasa Pembuatan PT Paling Profesional

Proses Pengurusan SIUJK Online

Anda sudah diharuskan untuk lulus dalam proses administrasi dalam perusahaan yang memiliki sertifikat sekaligus yang telah tercantum sebelumnya dalam LPJK. Sebenarnya lebih rumit dibandingkan dengan proses mengajukan surat izin usaha yang lainnya.

Guna memperoleh surat ini, maka Anda harus berkunjung pada kantor LPJK sekitar atau bisa langsung mengakses situs resmi LPJK ini yang tinggal di sekitar wilayah dari domisili Anda dan untuk sistem online, Anda harus mengisi kolom dengan syarat yang sudah harus dimiliki.

Anda juga perlu memegang sertifikat lisensi dulu yang akan membuktikan jika Anda ini adalah tenaga ahli di dalam bidang konstruksi ini dan yang kedua Anda harus memiliki Sertifikasi Badan Usaha atau SBU. Inilah beberapa syarat lain yang dijelaskan lebih lengkap antara lain:

  • KTA asosiasi yang sudah asli.
  • SBU yang asli.
  • Fotokopi SIUP.
  • SKA atau sertifikat tenaga ahli asli.
  • Fotokopi TDP dari perusahaan.
  • Fotokopi domisili usaha.
  • Fotokopi NPWP perusahaan.
  • Fotokopi KTP pemegang saham atau direktur.
  • Fotokopi akta pendirian.

Belum lagi disini Anda wajib untuk menentukan berapa besarnya proyek yang akan dilakukan apakah usaha yang Anda lakukan ini adalah proyek kecil atau besar seperti dibawah 50 juta atau diantara sekitar 500 juta hingga 10 miliar bahkan bisa juga proyek tersebut memiliki nilai yang lebih besar lagi dari 10 miliar. Setelah semua syarat itu dikumpulkan dengan baik, maka kantor LPJK lah yang akan melakukan proses kualifikasi untuk perusahaan dan akan memasukkan perusahaan Anda pada kategori tertentu.

Read More :  Tarif Jasa Notaris untuk Pembuatan PT dan Izin Usaha di Jakarta

Terdapat kategori K1 untuk proyek yang dianggap kecil, K2 untuk proyek kecil dan K3 untuk proyek kecil nomor 3 dan sebagainya. Segeralah mengurus SIUJK online dengan baik sehingga Anda pun bisa cepat melakukan proses produksi.

Scroll to Top