Proses Kilat : Prosedur dan Biaya Bikin PT 2019

Jakarta, IzinMudah.Com – Pendapat mengenai pendirian Perseroan Terbatas (PT) yang susah dengan sulitnya prosedur pembuatan dan mahalnya biaya sebenarnya tidak benar. Sebab untuk mendirikan PT, seseorang akan mendapatkan prosedur pembuatan yang cukup mudah dan biaya bikin PT 2019 yang terjangkau.

Satu-satunya hal yang membuat pembuatan PT dikatakan susah yaitu waktu pembuatan yang lama. Proses pembuatan tersebut mengharuskan pendiri untuk mengurus beberapa surat di tempat yang berbeda.

PT sebagai sebuah badan hukum yang diresmikan secara langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM mempunyai persyaratan pendirian yang diatur dalam perundang-undangan. Segala peraturan mengenai Perseroan ini tercantum secara jelas dalam UU Nomor 40 Tahun 2007. Sehingga dalam mendirikan perusahaan dengan bentuk ini memerlukan sebuah keseriusan karena terdapat konsekuensi hukum di dalamnya.

Data Dan Prosedur Pembuatan PT

Sebelum mendirikan Perseroan, pengusaha perlu melakukan pengumpulan data yang merupakan persyaratan pendirian PT. Seluruh data yang dibutuhkan untuk mendirikan PT harus sesuai antara satu dengan yang lainnya untuk menghindari adanya masalah. Sebab dalam pandangan hukum, kesesuaian data merupakan hal yang sangat diutamakan. Sehingga di masa mendatang tidak akan terjadi suatu kesalahpahaman.

Data yang perlu dipersiapkan untuk mendirikan PT antara lain yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga (KK) dari para pendiri perusahaan. Data lainnya yang dibutuhkan yaitu pas foto 3×4 sebanyak dua lembar dari direktur, atau direktur utama jika terdapat beberapa direktur dalam perusahaan tersebut.

Read More :  Jasa Pendirian PT, Proses Di Jamin Cepat dengan Biaya Murah

Pengusaha juga perlu memikirkan mengenai akta pendirian perusahaan, bukan hanya mengenai tafsiran biaya bikin PT 2019 saja. Untuk pengurusan akta perusahaan juga memerlukan beberapa dokumen sebagai syarat administratif.

Data tersebut berupa surat tanah, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan SPPT PBB beserta dengan bukti bayar PPB terakhir. Selain itu, untuk tempat usaha yang merupakan tempat sewaan, dokumen mengenai perjanjian sewa menyewa juga perlu disertakan.

Kemudian prosedur yang perlu dilakukan dalam mendirikan PT yaitu pengurusan beberapa surat dan dokumen di berbagai tempat yang berbeda. Pengurusan tersebut dapat dilakukan secara pribadi ataupun dengan menggunakan jasa pengurusan pendirian PT.

Biaya bikin PT 2019 yang perlu dikeluarkan dengan menggunakan jasa pengurusan ataupun secara pribadi mempunyai rentang yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, penggunaan jasa pengurusan pendirian PT merupakan langkah yang efektif karena tidak membutuhkan banyak tenaga dan waktu.

Proses yang dilakukan untuk melakukan pengurusan perizinan pendirian PT meliputi pengurusan akta pendirian hingga pengurusan SIUP dan TDP.

Tahapan pengurusannya dimulai dari akta pendirian perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan pengesahan SK Menteri Hukum dan HAM.Tahapan selanjutnya yaitu pengurusan SITU di kelurahan setempat, NPWP perusahaan dan yang terakhir yaitu SIUP dan TDP.

Jasa dan Biaya Pembuatan

Salah satu solusi yang tepat untuk pendirian perusahaan dengan bentuk Perseroan Terbatas yaitu dengan menggunakan jasa pengurusan pendirian. Dengan menggunakan jasa ini pengusaha dapat menekan biaya bikin PT 2019 karena proses pengurusan lebih efisien dan efektif.

Read More :  Prosedur Serta Syarat Mendirikan PT 2020 Terbaru

Selain itu, penggunaan jasa pengurusan pendirian PT membuat pengusaha tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak. Sehingga pengusaha dapat fokus untuk memikirkan perkembangan perusahaan ke depan.

Biaya bikin PT 2019 yang perlu dikeluarkan oleh pengusaha yang menggunakan jasa pengurusan yaitu sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta untuk pengurusan dengan paket lengkap.

Pengurusan dengan menggunakan paket ini memerlukan waktu sekitar 4 minggu hari kerja. Namun jika pengusaha hanya menggunakan jasa dalam pengurusan akta pendirian perusahaan, biaya yang diperlukan yaitu sekitar Rp 3,3 juta dengan waktu 3 hari kerja.

Scroll to Top