Proses Pengajuan Izin Niaga Umum BBM

Sebagai legalitas kegiatan usaha jual beli Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah melalui Kementerian Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) menerbitkan izin niaga umum BBM. Perizinan ini diberikan kepada pihak perorangan dan badan usaha.

Ikuti Prosesnya dan Tunggu Hasil Keputusannya

Perizinan tersebut wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha, yang ingin melakukan kegiatan jual beli bahan bakar minyak. Baik skala bisnisnya kecil maupun skala besar. Cermati dan pahami persyaratan dan regulasi proses pengurusannya. Supaya lebih hemat waktu, tenaga dan pembiayaannya.

Proses pengurusan perizinan niaga umum BBM cukup panjang. Oleh karenanya, pemohon harus melakukan persiapan matang, dan memahami proses yang harus dijalani. Dengan begitu, proses pengurusan legalitas usaha tersebut lebih mudah, dan izin bisa diterbitkan sesuai agenda. Nah, berikut ini beberapa proses yang harus diikuti dalam pengurusan perizinan niaga umum BBM.

  1. Pahami Regulasi dan Persyaratan Izin Niaga Umum BBM

Sebelum terjun ke bisnis niaga bahan bakar minyak, dan memulai proses pengurusan perizinannya, pastikan Anda sudah memahami persyaratan dan regulasi yang berlaku. Peraturan utama yang menjadi acuannya adalah Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi.

Regulasi tersebut mengatur dengan detail terkait dengan kualifikasi pemohon, persyaratan administrasi dan teknis, hingga proses penilaian serta penerbitan perizinan.

  1. Siapkan Dokumen Persyaratan

Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2021 dengan jelas menetapkan beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh pemohon perizinan niaga umum BBM. Terdapat dua jenis persyaratan, yaitu administratif dan teknis.

Dokumen-dokumen untuk persyaratan administratif secara garis besar adalah sebagai berikut.

  • Formulir permohonan izin usaha
  • Surat Kuasa kalau diwakilkan atau menggunakan kuasa
  • Akte pendirian dan perubahan perusahaan bagi badan usaha
  • Fotokopi KTP dan NPWP pengurus perusahaan
  • Surat keterangan domisili usaha
  • Surat izin gangguan atau HO
  • Surat izin usaha perdagangan (SIUP)
  • Surat izin tanda daftar perusahaan (TDP), dan lainnya.
Read More :  Prosedur Pembuatan CV Perusahaan yang Harus dilengkapi

Dokumen-dokumen untuk persyaratan teknis secara garis besar adalah sebagai berikut.

  • Surat pernyataan kepemilikan atau penguasaan sarana dan fasilitas penyimpanan bahan bakar minyak
  • Denah lokasi usaha dan sarana penyimpanan
  • Standar operasional prosedur (SOP) untuk kegiatan niaga bahan bakar minyak
  • Laporan Amdal (untuk kapasitas penyimpanan tertentu), dan lainnya.
  1. Ajukan Permohonan Perizinan Melalui OSS

Setelah Anda melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan izin melalui sistem OSS atau Online Single Submission. Fasilitas tersebut merupakan layanan perizinan berusaha terpadu yang berbasis elektronik. Sistem tersebut dijalankan oleh pemerintah pusat dan daerah. Berikut ini beberapa langkah dalam pengurusan perizinan melalui sistem OSS.

  • Membuat akun OSS terlebih dahulu kalau belum memilikinya
  • Pilihlah jenis izin “Perizinan Berbasis Risiko – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral”
  • Kemudian memilih jenis kegiatan “ Niaga Umum Bahan Bakar Minyak”
  • Mengisi formulir permohonan secara benar dan lengkap
  • Unggah seluruh dokumen persyaratan yang telah disiapkan
  • Melakukan pembayaran biaya perizinan sesuai mekanisme yang disediakan oleh OSS
  1. Ikuti Proses Pemeriksaan dan Verifikasi

Jika permohonan perizinan Anda sudah diajukan, maka OSS akan meneruskan pengajuan tersebut ke Kementerian ESDM. Proses selanjutnya adalah pemeriksaan dan verifikasi kelengkapan dokumen serta kebenaran data yang diberikan. Proses tersebut biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 hari kerja. Tahapan ini sangat menentukan, apakah pengajuan perizinan Anda diterima atau bahkan ditolak.

  1. Dapatkan Izin Niaga Umum BBM
Read More :  Biaya Membuat CV

Nah, kalau permohonan Anda dianggap sudah memenuhi persyaratan, dan tidak terdapat permasalahan, maka Kementerian ESDM akan segera menerbitkan izin niaga umum BBM. Perizinan tersebut memiliki masa berlaku selama lima tahun. Jika sudah habis masa pakainya bisa diperpanjang. Dengan catatan memenuhi persyaratan perpanjangan.

Nah, sebagai tips agar proses pengurusan perizinan lebih mudah, pelajari dengan cermat regulasi, seluk beluk persyaratan dan prosedurnya. Kemudian siapkan semua dokumen dengan lengkap, akurat dan sesuai ketentuan.

Tips lainnya adalah bisa menggunakan layanan konsultasi dari praktisi atau konsultan berpengalaman di bidang perizinan migas, agar bisa mendapatkan pendampingan. Cara ini sangat disarankan bagi yang masih belum memahami segala proses pengajuan perizinan. Karena bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Dengan ketelitian, persiapan matang, dan langkah-langkah yang tepat, Anda berpeluang besar mendapatkan perizinan yang diharapkan dengan lebih mudah dan efisien.

Tips Mencari Konsultan Perizinan Usaha Terpercaya

Jika Anda membutuhkan pendampingan dari tenaga ahli saat pengurusan perizinan usaha, maka harus cermat saat menentukan penyedia jasanya. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  • Cari rekomendasi dari orang yang Anda kenal. Jika ada teman atau rekan bisnis yang sudah pernah menggunakan jasa konsultan perizinan usaha, Anda bisa meminta rekomendasi terbaiknya.
  • Lakukan riset online. Cara lain yang bisa diterapkan adalah mencari informasinya di internet. Kriteria konsultan perizinan usaha yang ideal, tentunya yang terpercaya, berpengalaman, bereputasi baik, dan biaya yang ditawarkan relevan.
  • Pastikan kapasitas konsultan perizinan usaha. Konsultan perizinan yang Anda pilih harus memiliki pengalaman dalam pengurusan izin niaga umum BBM. Hal ini begitu penting, guna memastikan konsultan tersebut bisa memahami kebutuhan bisnis Anda, dan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, pastinya sangat memahami persyaratan, regulasi dan proses pengajuannya.
  • Bandingkan layanan dan biayanya. Anda bisa menyaring beberapa penyedia jasa perizinan usaha, kemudian bandingkan layanan dan biaya yang ditawarkan. Pilihlah konsultan yang memberi layanan sesuai kebutuhan Anda, dan penawaran harga yang wajar.
  • Buatlah surat kontrak. Sebelum menggunakan jasa konsultan perizinan usaha, Anda harus membuat kontrak tertulis dengan jelas. Surat kontrak ini akan melindungi Anda dan konsultan dari berbagai hal yang bisa merugikan setiap pihak.
Read More :  Manfaat dan Jenis Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi

Nah, dengan berbagai tips tersebut, harapannya Anda bisa menemukan konsultan perizinan usaha berkompeten dan terpercaya. Sehingga bisa membantu mengurus perizinan dengan lancar dan sukses tanpa hambatan berarti.

Jika Anda masih belum menemukan sesuai keinginan, bisa mengakses Izinmudah.com. Jasa konsultan perizinan usaha ini sangat terpercaya, dengan tenaga ahli berkompeten, layanan prima dengan biaya kompetitif.

Izinmudah berada di bawah naungan PT. Sempurna Nilai Sukses, yang sudah berdiri sejak tahun 2001. Dengan pengalaman puluhan tahun ini, timnya sangat memahami setiap persyaratan, regulasi dan proses yang kompleks dalam pengurusan legalitas bisnis.

Dengan begitu, memastikan tidak ada kesalahan atau kekurangan dokumen dalam pengajuan. Sehingga waktu bisa dimanfaatkan dengan efisien, dan perizinan bisa diterbitkan tepat waktu. Tim profesional dan ahli di bidangnya, siap mendampingi para pelaku usaha dalam pengurusan perizinan usahanya.

Masih bingung dengan segala hal berhubungan pengurusan izin niaga umum BBM? Yuk, segera hubungi tim Izinmudah! Untuk mendapatkan penjelasan lebih detail dan akurat.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha

Scroll to Top