Syarat dan Biaya Pembuatan PT 2019 yang Perlu Diketahui

Jakarta, IzinMudah.Com – Untuk mendirikan sebuah perusahaan tentu memerlukan banyak faktor pendukung mulai dari modal hingga tata cara pendiriannya. Salah satu perusahaan yang dapat didirikan baik secara perseorangan ataupun badan usaha yaitu Perseroan Terbatas (PT). Biaya Pembuatan PT 2019 yang perlu dikeluarkan oleh orang ataupun kelompok yang akan mendirikan jenis usaha ini terdiri dari modal dasar dan biaya jasa hukum notaris.

Syarat Pembuatan Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas (PT) merupakan perusahaan berbadan hukum mendapatkan pengesahan Menteri Hukum dan HAM. Sehingga dalam pembuatannya, PT memerlukan syarat yang lebih banyak dari pada pendirian badan usaha lainnya.Syarat tersebut digunakan untuk melengkapi ketentuan yang diberikan dalam pendirian suatu Perseroan Terbatas (PT).

Syarat untuk pembuatan PT didasarkan pada ketetapan undang-undang yang telah mengatur mengenai pendirian badan usaha ini. Peraturan tersebut diantaranya yaitu sebuah PT harus didirikan oleh dua orang atau lebih dan disertai dengan akta autentik. Untuk melengkapi peraturan tersebut, perlu dilakukan perjanjian antara para pendiri PT. Perjanjian tersebut dibuat dalam bentuk akta autentik dengan menggunakan bantuan dari notaris.

Akta autentik dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang jelas dan memuat mengenai anggaran dasar perseroan. Setelah itu, akta tersebut diajukan kepada Menteri Hukum dan HAM untuk kemudian dilakukan pengesahan menjadi badan hukum. Pembuatan akta otentik dengan jelas dan memuat anggaran dasar perseroan dilakukan agar dalam pengajuannya kepada pihak Kementerian Hukum dan HAM tidak mendapatkan penolakan.

Read More :  Biro Jasa Pengurus NIK

Selain itu, untuk mendirikan PT memerlukan modal dasar yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas menyatakan perihal modal dasar biaya pembuatan PT 2019 ditentukan melalui kesepakatan bersama.

Peraturan ini berlaku bagi pendiri PT yang berada dalam kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).Sedangkan untuk Usaha Besar, terdapat peraturan tambahan yang memuat mengenai ketentuan minimal modal dasar yang harus dimiliki.

Rincian Biaya Pembuatan Perseroan Terbatas (PT)

Biaya pembuatan PT 2019 terdiri modal dasar dan biaya jasa hukum notaris. Untuk modal dasar ditentukan oleh kesepakatan dari para pendiri PT. Sedangkan untuk biaya notaris, pendiri PT perlu melakukan beberapa kesepakatan terkait dengan modal dasar yang ditentukan untuk perusahaannya. Sehingga biaya yang dibayarkan kepada jasa hukum notaris tergantung dari jumlah modal dasar perusahaan yang dikeluarkan.

Untuk perusahaan UMKM yang mempunyai modal dasar paling besar Rp 25 juta, maka biaya pembuatan PT 2019 yang dibutuhkan untuk membayarkan jasa notaris terdapat pada kisaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. Biaya tersebut meliputi biaya persetujuan pemakaian nama perseroan dan pengesahan perseroan sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu.

Kemudian biaya selanjutnya yaitu biaya akta notaris sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta dan biaya pengumuman dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia sebesar Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu.

Read More :  Buat PT Online Dalam Waktu 15 Menit, Bagaimana Prosedurnya?

Selanjutnya untuk perusahaan yang mempunyai modal dasar hingga mencapai titik maksimal Rp 1 miliar, biaya jasa hukum notaris yang dikeluarkan yaitu sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

Biaya pembuatan PT 2019 tersebut meliputi biaya persetujuan pemakaian nama perseroan dan pengesahan perseroan, biaya akta notaris, dan biaya pengumuman dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia. Selain itu, biasanya perusahaan dengan modal dasar yang cenderung besar ini merupakan perusahaan dengan Usaha Menengah hingga Usaha Besar.

Scroll to Top