Syarat Membuat PT 2019 dan Detail Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan

Di tahun 2019 ini, beruntunglah Anda yang sangat ingin mendirikan perusahaan sendiri karena pemerintah telah memberikan kebijakan untuk Anda dengan memudahkan syarat membuat PT 2019 sehingga siapapun yang ingin membuat usaha di dalam negeri dapat dimudahkan.

Namun selama Anda mempersiapkan semua persyaratan yang dilakukan, Anda juga harus memperhatikan beberapa detail penting sehingga tidak akan ada kesalahan maupun sesuatu yang ditolak.

Apa Saja Detail Penting Dalam Syarat Membuat PT 2019 yang Harus Diperhatikan

Mendirikan perusahaan bukan sesuatu yang dapat dilakukan dalam waktu beberapa jam layaknya sedang memanggang kue. Butuh berhari-hari, berminggu-minggu bahkan bisa bulanan hanya untuk memperoleh seperti apa akta pendirian yang akan membuktikan bahwa perusahaan ini nantinya sah di mata hukum.

Syarat membuat PT 2019 yang baru tentu mengalami perubahan dari sebelumnya namun tetap tidak akan membuat Anda kesulitan untuk menciptakannya sebab ini sudah jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu.

Namun, mendirikan PT bukan merupakan hal yang dapat dilakukan dengan begitu cepat mengingat syarat harus dipenuhi dan beberapa ada yang belum memilikinya. Berbarengan dengan syarat yang muncul di tahun ini, terdapat beberapa catatan yang sangat penting dan sebaiknya perlu dipahami oleh para calon pengusaha khususnya jika terdapat kasus tertentu antara lain:

  • Besaran modal dasar untuk mendirikan PT dibagi dan juga diklarifikasi menjadi beberapa bagian seperti PT dengan skala kecil harus memiliki modal minimum yang perlu disetor setidaknya 50 juta rupiah. Sementara untuk pemilik PT dengan skala menengah, modal dasar minimum yang perlu disetor adalah 500 juta rupiah dan untuk PT yang memiliki skala besar, modal dasar yang harus dimiliki adalah sekitar 10 miliar rupiah atau lebih.
  • Sebagian besar wilayah yang berlokasi di Jakarta memberikan syarat minimal bagi perusahaan yaitu setidaknya harus memiliki salah satu saja direktur yang asalnya dari Jakarta pula dan wajib menunjukkan identitas resmi seperti KTP dimana mereka benar-benar tinggal dan memiliki domisili di wilayah Jakarta sebagai buktinya.
  • Akan lebih baik jika NPWP yang dimiliki telah diupdate lebih dulu entah itu dari segi lokasi yang benar-benar sama dengan KTP ataupun dengan tambahan informasi yang diperlukan seperti Email, No.Telepon dan juga NIK.
  • Bagi calon pengusaha yang merupakan pasangan suami-istri dengan NPWP yang disatukan, maka mereka harus mengupdate lebih dulu sehingga nama pasangan bisa dicantumkan langsung di dalam NPWP itu.
  • Bagi pasangan suami istri yang sama sekali tidak mempunyai surat perjanjian pranikah dan mereka ingin membangun sebuah perusahaan atas nama berdua, maka disarankan mereka mengajak lagi 1 pihak lain dengan tujuan untuk melengkapi semua susunan dari pemegang saham termasuk pengurusnya.
Read More :  Apa yang Harus Dipikirkan Dulu Sebelum Bikin PT Jakarta

Syarat Membuat PT 2019 Haruslah Dipersiapkan Dengan Baik dan Carilah Notaris Terbaik

Jika Anda memperhatikan detail seperti itu, maka semua persyaratannya pun juga dapat dilakukan dan dipersiapkan dengan baik. Untuk mengurus PT, memang tidak dapat Anda lakukan sendiri sebab disini dibutuhkan bantuan dari jasa notaris.

Anda hanya perlu mempersiapkan semua syaratnya namun yang akan melakukan pengurusan dan prosesnya adalah notaris. Jadi dengan kata lain, Anda nantinya akan menerima akta saja atau tinggal terima jadi. Karenanya, notaris harus dipilih dengan baik.

Pilih notaris yang berada di wilayah yang sama namun Anda jangan memilih dengan asal melainkan harus dipertimbangkan dengan matang dan baik karena Anda membayar mereka untuk menerima hasil yang memuaskan dan bukan asal-asalan.

Jadi tugas Anda bukan hanya memperbarui dan mengumpulkan syarat membuat PT 2019 saja melainkan perhatikan pula detail yang akan mempengaruhi seluruh pengurusan dan pendirian perusahaan yang Anda inginkan dengan maksimal.

Scroll to Top