Syarat Pembuatan PT di Notaris

Perseroan Terbatas atau PT merupakan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) berbadan hukum dan kepemilikan modalnya berwujud saham maupun obligasi dimana hak ataupun kuasa pemilik modal berdasarkan jumlah saham yang dimilikinya. Untuk mendirikan usaha Perseroan Terbatas tidaklah mudah dan terkesan rumit lantaran harus memenuhi beberapa Syarat Pembuatan PT di Notaris terlebih dahulu.

Namun, pada tahun lalu Jokowi telah mengeluarkan kebijakan ekonomi agar para pelaku usaha diberikan kemudahan alam mengurus izin usaha yang diberikan nama Paket Kebijakan XII. Dengan paket kebijakan tersebut, maka proses pendirian PT jauh lebih mudah. Selain itu, adanya kebijakan diizinkannya virtual office agar mendorong anak muda menjadi lebih mandiri dan berjiwa entrepreneruship. Berkeinginan mendirikan PT? Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya simak dulu artikel berikut agar dijadikan referensi lebih bagi Anda.

Prosedur dan Syarat Pembuatan PT di Notaris

Siapkan Terlebih Dahulu Data Pendirian PT

Data pendirian PT berisi Nama PT, Tempat Kedudukan PT, Maksud dan Tujuan PT, Struktur Permodalan PT dan Kepengurusan PT. Nama PT terdiri minimal 3 suku kata tidak menggunakan bahasa serapan/asing dan tidak boleh menggunakan nama PT yang telah ada. Mengenai struktur permodalan PT, maka dapat mengaju Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2016 mengenai Perubahan Modal Dasar PT yaitu berdasarkan kesepakatan dari setiap pendiri PT.

Membuat Akta Pendirian di Notaris

Read More :  Biaya Pembuatan PT Baru di Bekasi

Sebelum Anda membuat Akta Pendirian di Notaris maka ada beberapa Syarat Pembuatan PT di Notaris yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Akta pendirian PT tidak diwajibkan dibuat oleh notaris yang berkedudukan sama dengan tempat kedudukan PT, yang terpenting Notaris yang akan dipilih sudah mendapatkan SK pengangkatan, sumpah jabatan serta terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM. Pihak notaris nantinya akan membacakan isi dari Akta Pendirian PT serta menjelaskan secara detail maksud dari pasal-pasal yang terdapat pada Akta Pendirian PT.

Pengesahan SK Menteri atas Pendirian PT

Setelah selesai pembuatan Akta Pendirian PT, maka Notaris akan mengajukan pengesahan berbadan hukum atas PT yang ingin didirikan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah itu, menteri akan menerbitkan Surat Keputusan pengesahan berbadan hukum PT, sehingga PT yang Anda daftarkan telah diakui oleh Negara. Akibatnya, PT berperan sebagai subjek hukum yang harus memenuhi hak dan kewajibannya dalam menjalankan aktivitas yang berhubungan dengan perpajakan.

Mengurus Domisili Kelurahan

Setelah Syarat Pembuatan PT di Notaris lengkap maka langkah selanjutnya adalah mengurus domisili kelurahan yang berisi tentang alamat PT berada, jenis usaha serta jumlah tenaga kerja. Pengaturan izin domisili telah diatur di masing-masing Pemerintah Daerah.

Mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak di Kantor Pajak

Untuk mendapatkan NPWP maka Anda harus mengurusnya di kantor pajak setempat, Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan Nomor yang diterima oleh wajib pajak sebagai alat dalam administrasi perpajakan yang digunakan untuk tanda pengenal atau identitas diri dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakan. Saat membuat PT, maka Anda akan mendapatkan dua dokumen yang berhubungan dengan kewajiban perpajakan yaitu Surat Keterangan Terdaftar Pajak dan dokumen PKP (Pengusaha Kena Pajak).

Read More :  Jasa Buat PT Murah Di Jakarta, Paket Lengkap

Mengurus Izin Usaha

Mengurus izin usaha dapat Anda lakukan setelah Syarat Pembuatan PT di Notaris lengkap. Usaha yang akan dijalankan nantinya akan berorientasi pada laba sehingga perusahaan harus mempunyai izin usaha. Salah satu jenis izin usaha adalah SIUP. Menurut Permendag No. 46 tahun 2009 terdapat 4 jenis SIUP yaitu SIUP Besar, SIUP Menengah, SIUP Kecil dan SIUP Mikro.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda daftar perusahaan merupakan daftar catatan resmi berdasarkan UU berisikan hal-hal wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan dan diotorisasi oleh pejabat yang berwenang. TDP mencakup perusahaan berbentuk PT, CV, Firma, Koperasi, Perorangan dan Bentuk Usaha Lainnya (BUL). Proses TDP ini dilakukan baik sebagai kantor pusat maupun sebagai kantor cabang.

Itulah beberapa prosedur dan Syarat Pembuatan PT di Notaris, jika proses pengurusannya masih terasa ribet dan menguras tenaga maka Anda dapat menggunakan jasa pembuatan PT, mengenai informasi selanjutnya bisa hubungi kami untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan berkualitas.

Scroll to Top