Syarat Perizinan Migas yang Wajib Dipahami agar Izin Cepat selesai

 

Agar permohonan izin usaha migas segera diterbitkan, sangat penting bagi pengusaha untuk memahami persyaratan dan prosedurnya. Kalau pengetahuan tersebut belum dikuasai, menggandeng konsultan adalah solusinya. Nah, apa saja syarat perizinan migas?

Berbagai Persiapan Sebelum Mengajukan Perizinan Migas

Semakin matang dalam membuat persiapan, maka semakin siap pelaku usaha dalam mengajukan permohonan perizinan migas. Apa saja yang bisa dilakukan?

  1. Persiapan Umum

Berikut ini persiapan umum yang dapat diterapkan, ketika Anda akan melakukan pengajuan perizinan migas.

  • Membuat rencana bisnis. Caranya dengan menyusun rencana bisnis yang komprehensif. Hal itu berkaitan dengan visi, misi, tujuan, strategi dan proyeksi keuangan.
  • Membentuk tim kerja. Pilih tenaga yang kompeten dan berpengalaman dalam industri migas. Kemudian bentuklah sebuah tim kerja yang bertugas untuk mengurus izin usaha migas.
  • Menentukan lokasi usaha. Penentuan lokasi usaha harus yang sesuai dengan peraturan dan persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah.
  • Mempelajari regulasi yang berlaku. Pemahaman yang baik atas regulasi dan peraturan yang berhubungan dengan migas di Indonesia sangatlah penting. Agar terhindar dari risiko atau kesalahan dari imbas ketidaktahuan atas regulasi yang berlaku.
  • Menyiapkan dokumen persyaratan. Menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk proses perizinan migas. Dokumen yang dimaksud seperti akta pendirian perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan sebagainya.
  1. Persiapan Perizinan

Selain persiapan umum di atas, Anda sebagai pelaku usaha juga bisa melakukan persiapan perizinan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

  • Menentukan jenis izin usaha. Penentuan jenis perizinan migas sangat diperlukan berdasarkan pada kegiatan usaha yang akan dilakukan.
  • Memilih jenis badan usaha. Anda bisa memilih bentuk badan usaha yang sesuai dengan peraturan migas, seperti Koperasi, CV atau PT (Perseroan Terbatas).
  • Menyiapkan seluruh persyaratan. Semua persyaratan yang diperlukan untuk jenis izin usaha yang dipilih harus disiapkan sejak awal. Syarat perizinan migas yang dimaksud bisa seperti daftar pengurus perusahaan, surat pernyataan modal, surat keterangan domisili dan sebagainya.
  • Mengajukan permohonan perizinan migas. Untuk pengajuan permohonan izin migas bisa ke Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral). Pengusaha tidak harus datang ke kantor Kementerian tersebut, tapi cukup dengan mengajukan permohonan melalui sistem Online Single Submission (OSS).
  • Melakukan pembayaran. Biaya perizinan dikenakan kepada pelaku usaha sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.
  1. Memahami Jenis Perizinan Migas

Ada banyak jenis perizinan migas, sehingga pelaku usaha harus memahaminya dengan baik. Hal itu terkait dengan kegiatan usaha, persyaratan dan sebagainya. Perizinan migas terbagi atas dua kategori berdasarkan kegiatan usahanya, yaitu usaha hulu migas dan usaha hilir migas.

Read More :  Akta Perusahaan

Baca Juga :

Kegiatan usaha hulu migas terbagi atas beberapa izin usaha, yaitu perizinan eksplorasi, perizinan eksploitasi dan perizinan penunjang operasi migas. Sedangkan untuk usaha hilir migas adalah izin usaha pengolahan migas, penyaluran migas, niaga migas, jaringan distribusi gas bumi dan izin usaha niaga gas bumi.

  1. Menunjuk Konsultan Migas

Konsultan migas bisa membantu pelaku usaha dalam menyiapkan dokumen persyaratan, melakukan kajian teknis dan finansial, mengurus perizinan di SKK Migas, dan mewakili pengusaha dalam proses negosiasi, serta membantu pengurusan perizinan migas.

Strategi Mempermudah Proses Perizinan Migas

Strategi Perizinan Migas

Kalau syarat perizinan migas sudah dipahami dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan strategi ampuh agar permohonan dikabulkan. Sehingga izin usaha migas bisa segera diterbitkan. Apa saja strategi yang bisa diterapkan?

  1. Berkonsultasi dengan konsultan migas

Kenapa harus menggunakan jasa konsultan perizinan? Karena konsultan migas yang berpengalaman bisa membantu memahami regulasi yang rumit, menyusun dokumen yang dibutuhkan, dan memberikan saran strategis selama proses perizinan.

Saat ini sangat banyak ditemukan konsultan perizinan,  karena itu pelaku usaha harus sangat selektif. Carilah konsultan yang memiliki reputasi baik, track record yang terbukti dalam membantu pelaku usaha untuk mendapatkan izin migas.

Read More :  Syarat Buat PT Baru 2019 Terlengkap

Anda harus memastikan kalau konsultan yang dipilih memiliki pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan jenis perizinan yang diajukan. Dengan begitu, prosesnya bisa berjalan lebih lancar, dan memperbesar peluang permohonan diterima.

Jika belum berpengalaman dalam menggunakan jasa konsultan perizinan, maka Anda bisa melakukan riset kecil. Dengan mengumpulkan beberapa penawaran dari konsultan perizinan. Anda bisa mudah mendapatkannya dengan browsing di internet.

Setelah itu bisa dibandingkan, terkait dengan layanan, pengalaman dan penawaran biayanya. Jangan mudah tergoda dengan penawaran biaya pelayanan sangat murah. Anda harus mengecek kembali reputasinya, pengalaman mengurus jenis perizinan yang Anda inginkan, dan sebagainya.

Anda juga bisa mendapatkan referensi konsultan perizinan dari rekan bisnis yang pernah menggunakan jasa serupa. Dengan begitu, lebih memastikan bisa mendapatkan pelayanan yang sesuai.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengunjungi IzinMudah.com. Perusahaan konsultan perizinan ini sudah sangat berpengalaman mengurus beragam izin usaha. Anda bisa meminta portofolionya, agar lebih yakin untuk menggunakan jasanya.

Tenaga berkompeten dan berpengalaman siap untuk membantu pelaku usaha dalam mengurus perizinan usaha, termasuk untuk izin usaha bidang migas. Biaya layanan juga sangat relevan, jadi tidak akan membebani anggaran perusahaan.

  1. Pastikan seluruh dokumen sudah lengkap dan akurat

Tentukan jenis perizinan usahanya, agar bisa menyusun dokumen persyaratannya. Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan harus cermat dan teliti. Pastikan seluruh informasi dalam dokumen lengkap, akurat dan terbaru.

Read More :  Manfaat dan Jenis Izin Usaha Pengolahan Minyak Bumi

Anda harus memperhatikan format dan tata cara penulisan dokumen, supaya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ada baiknya untuk melakukan proofreading dengan seksama sebelum dokumen tersebut diserahkan.

  1. Jalin komunikasi yang baik

Sangat disarankan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pihak Kementerian ESDM dan instansi terkait. Anda bisa menanyakan informasi yang kurang jelas, dan jelaskan dengan detail terkait dengan kegiatan usaha Anda.

Kemudian memantau perkembangan proses perizinan secara berkala, dan melaporkan kalau terdapat kendala. Menjaga hubungan baik dengan seluruh pihak yang terlibat di dalam proses perizinan sangat penting dilakukan. Agar pengajuan perizinan Anda juga diperhatikan.

  1. Pantau proses perizinan melalui sistem OSS

Pelaku usaha bisa memanfaatkan sistem OSS untuk memantau proses perizinan secara real time. Pastikan Anda sudah memahami setiap langkah dalam proses perizinan tersebut. Segera tindak lanjuti kalau terdapat permintaan informasi atau dokumen tambahan dari pihak Kementerian ESDM. Jika terjadi hambatan atau kendala dalam proses perizinan harus segera melaporkannya.

Nah, demikian beberapa strategi yang bisa diterapkan, agar semakin mempermudah mendapatkan perizinan migas yang diinginkan. Penting untuk menyiapkan dana yang mencukupi untuk biaya perizinan dan konsultan.

Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman terkait syarat perizinan migas, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan atau seminar. Bisa juga bergabung dengan asosiasi pengusaha migas, agar bisa mendapatkan informasi dan dukungan. Bila menerapkan semua strategi tersebut, harapannya proses pengajuan perizinan migas bisa berjalan dengan lancar dan efisien.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top