Tugas dan Tanggung Jawab atas Izin Niaga Umum Pertamina

Pertamina merupakan perusahaan energi terbesar di Indonesia. Peranannya sangat penting dalam menjaga ketahanan energi nasional. Dengan izin niaga umum pertamina, maka perusahaan ini bisa menjalankan beragam kegiatan usahanya dengan lebih leluasa dan optimal.

Tugas dan Tanggungjawab Pertamina Berdasarkan Izin Niaga Umum

Sesuai dengan izin niaga umum yang diberikan pemerintah Indonesia, Pertamina memiliki beberapa tugas dan tanggungjawab utama.

  1. Menjalankan Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi

Pertamina leluasa melaksanakan kegiatan usaha niaga migas, seperti eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi. Perusahaan negara ini juga dapat mengelola dan mengolah minyak dan gas bumi menjadi produk-produk energi.

Selanjutnya perusahaan ini juga bisa mendistribusikan, dan memasarkan aneka produk energinya ke seluruh wilayah Indonesia. Tugas lainnya adalah menjamin ketersediaan dan ketahanan energi nasional.

  1. Menjalankan Penugasan Pemerintah

BUMN ini harus menjalankan penugasan pemerintah dalam menyediakan energi dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Pertamina juga wajib menyalurkan subsidi energi kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Perusahaan ini juga harus membangun dan mengembangkan infrastruktur energi di seluruh wilayah Indonesia.

  1. Menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL

Pertamina harus menjalankan program-program TJSL yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan cara memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Sembari menjaga kelestarian lingkungan.

Perusahaan negara ini melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk mengembangkan potensi lokal dengan melibatkan pemberdayaan masyarakat, konservasi keanekaragaman hayati, menjaga kelestarian alam, dan mewujudkan pengembangan energi baru terbarukan.

Program Desa Energi Berdikari adalah salah satu contohnya, yang menyediakan energi baru terbarukan atau EBT berbasis pemberdayaan masyarakat. Melalui program tersebut, masyarakat bisa menikmati akses lebih mudah terhadap energi yang ramah lingkungan.

  1. Meningkatkan Kemampuan dan Daya Saing
Read More :  Jasa Pengurusan Izin Usaha dan Perizinan Usaha lewat Perizinan Online

Berbagai upaya peningkatan berbagai sektor harus dilakukan oleh pertamina. Sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan, peningkatan teknologi  dan inovasi di bidang energi, serta meningkatkan daya saing di pasar global.

  1. Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Pertamina harus sanggup memastikan ketersediaan dan ketahanan energi nasional. Dengan mengelola sumber daya energi secara berkelanjutan. Selain itu, berupaya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna memperkuat ketahanan energi nasional.

Tugas dan tanggung jawab Pertamina ini tercantum dalam beberapa peraturan perundang-undangan.

  • Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1875 K/12/MEM/2019 tentang Izin Niaga Umum PT Pertamina (Persero)
  • Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2017 tentang Pendirian, Penggabungan, Peleburan, Pembagian, Pengalihan Kepemilikan Saham, dan Pembubaran Perseroan Terbatas
  • Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2004 tentang kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi
  • Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi

Pertamina harus bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik mungkin. Dengan harapan bisa mewujudkan visi dan misinya sebagai perusahaan energi nasional yang handal dan terpercaya.

Penting untuk diketahui bahwa daftar tugas dan tanggung jawab di atas bersifat komprehensif. Sehingga bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan regulasi pemerintah dan perkembangan bisnis Pertamina.

Badan Usaha yang Bisa Mengajukan Izin Niaga Umum BBM

Anda berminat untuk menjalankan usaha BBM seperti Pertamina? Anda bisa mendapatkan perizinan sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Agar lebih tenang dalam berusaha, dan memastikan usaha yang dilakukan sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016 tentang izin usaha niaga umum dan izin usaha niaga tertentu untuk jenis usaha bahan bakar minyak, badan usaha yang bisa mengajukan izin niaga umum (INU) BBM adalah badan usaha berbadan hukum, seperti Perseroan Terbatas (PT), Perusahaan Perseorangan (CV), Koperasi, Firma dan Usaha Dagang (UD).

Read More :  Biaya Notaris Jasa AJB

Pastikan badan usaha sudah memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), memiliki sarana dan fasilitas penunjang usaha niaga BBM, memiliki pengurus atau tenaga ahli berpengalaman, memiliki tempat penyimpanan BBM, memiliki alat angkut BBM, serta sarana dan prasarana untuk penyaluran BBM.

Agar pengajuan perizinan usaha cepat disetujui oleh Menteri ESDM, pastikan sudah memenuhi berbagai persyaratan lain yang sudah menjadi ketentuannya. Jangan lupa untuk membayar biaya permohonan perizinan. Setelah itu, tinggal menunggu proses verifikasi dan validasi. Kalau permohonan disetujui, Menteri ESDM akan menerbitkan Izin Niaga Umum BBM.

Biaya pengajuan perizinan usaha ini bervariasi tergantung dari skala usaha, dan jenis usaha niaga BBM yang diajukan. Segala informasi terbaru bisa diakses melalui Kementerian ESDM, Direktorat Jenderal Migas dan melalui layanan perizinan online satu pintu atau OSS.

Berbagai ketentuan terkait dengan izin niaga umum BBM bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan dari pemerintah. Karena itu, diperlukan update untuk mengikuti perkembangan informasi terkini terkait dengan persyaratan, prosedur dan regulasinya.

Konsultasi Pengajuan Izin Niaga Umum BBM

Anda ingin segera mengurus izin niaga umum BBM? Jika sudah memahami segala persyaratan, prosedur dan regulasi lainnya, maka mengajukan secara mandiri bisa dilakukan. Namun, kalau masih minim pengetahuan tersebut, sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan perizinan.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan perizinan usaha tersebut? Hal itu terkait dengan jenis kegiatan usaha niaga yang ingin dijalankan, skala usaha, persyaratan yang wajib dipenuhi dan biaya yang harus disiapkan. Anda bisa konsultasikan segala hal tersebut dengan konsultan perizinan usaha terpercaya.

Read More :  Memahami Hulu dan Hilir Migas untuk Mengurus Izin Usaha Niaga Migas

Sangat banyak keuntungan menggunakan penyedia jasa konsultasi perizinan usaha tersebut. Anda bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Karena segala urusan pengumpulan persyaratan dan pengajuan akan dikerjakan oleh konsultan. Anda cukup memastikan seluruh persyaratan sudah terpenuhi dengan lengkap.

Pengetahuan dan pengalaman konsultan perizinan akan membuat proses pengajuan lebih cepat. Karena sudah memahami dengan baik syarat apa saja yang diperlukan. Selain itu juga memahami berbagai perubahan regulasi. Dengan begitu, lebih meningkatkan peluang diterimanya pengajuan perizinan usaha Anda.

Supaya proses pengajuan perizinan berjalan lancar, biaya dan waktu lebih relevan, pastikan Anda hanya memberikan kepercayaan kepada konsultan terpercaya. Reputasinya yang baik, tanggungjawab besar, profesional, berkompetensi, pelayanan prima dan berpengalaman menjadi poin penting dalam pemilihan jasa konsultan perizinan.

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan tawaran tarif murah saja. Anda harus mengutamakan kualitas yang diberikan. Cermati apa saja layanan yang diberikan. Sehingga bisa sebagai bahan pembanding dengan penyedia jasa konsultan lainnya.

Saat ini sudah ada Izinmudah.com, yang akan membantu Anda dalam proses pengajuan perizinan usaha. Profesionalitas dan kepuasan klien selalu menjadi  prioritasnya. Sehingga sangat layak menjadi pilihan utama bagi Anda.

Tenaga ahli berkompeten dan berpengalaman akan mendampingi Anda untuk mendapatkan perizinan usaha yang Anda inginkan. Seperti halnya mendapatkan izin niaga umum pertamina. Segera hubungi tim konsultan perizinan dari Izinmudah, konsultasikan keinginan Anda, dan dapatkan perizinan tepat waktu.

Contoh Izin Usaha
Contoh Izin Usaha
Scroll to Top